Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Atasi Masalah Gerd dan Anxiety dengan Metode 4P, Apa Sih Itu?

Sabtu, 26 November 2022 – 13:49 WIB
Atasi Masalah Gerd dan Anxiety dengan Metode 4P, Apa Sih Itu? - JPNN.COM
Atasi Masalah Gerd dan Anxiety dengan Metode 4P. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyakit gerd atay anxiety menyebar di beberapa kalangan usia produktif, bahkan pada remaja.

Gejalanya dikenal dengan istilah panic attack yang diawali rasa tidak nyaman di badan, jantung berdebar disertai khawatir berlebihan, seperti mau mati tanpa alasan jelas.

Menurut riset yang dilakukan oleh Erik wibowo, pendiri Yayasan Anxiety Care Indonesia, sebagian besar penderita mengeluhkan gerd, maag, dan dyspepsia.

Ketika gejalanya kambuh, penderita sering memutuskan untuk langsung pergi ke IGD karena saking khawatir dengan kesehatannya.

"Gejala tersebut diperburuk dengan adanya gangguan mental General Anxiety Disorder (GAD), yaitu keeadaan jiwa yang membuat penderita sering mengalami cemas berlebih," kata Erik pada webinar peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia, beberapa waktu lalu.

Sebagai penderita gerd dan anxiety sejak 2008, Erik pun menulis tiga buku tentang cara sembuh dari penyakit tersebut. Sejak 2018, dia membuat kanal YouTube yang berisikan cerita dirinya bisa sembuh.

Erik Wibowo juga aktif sebagai narasumber di berbagai media, pembicara, pengajar, dan motivator khusus untuk masalah gerd dan anxiety.

Lalu, pada tahun 2020 saya mulai mendirikan Yayasan Anxiety Care Indonesia (ACI) sebagai wadah untuk menampung para penderita penyakit itu di seluruh Indonesia.

Di yayasan ini menerapkan metode 4P untuk bantu mengatasi masalah gerd dan anxiety. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close