Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Atasi Rasa Jenuh Siswa Belajar Daring, Sekolah Semesta Gelar Pelatihan Gratis untuk Guru Seluruh Indonesia

Minggu, 28 Februari 2021 – 04:54 WIB
Atasi Rasa Jenuh Siswa Belajar Daring, Sekolah Semesta Gelar Pelatihan Gratis untuk Guru Seluruh Indonesia - JPNN.COM
Kepala Sekolah SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang, Didin Sopandi dalam konferensi pers daring program Semesta Berkontribusi untuk Negeri, Sabtu (27/2). Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi semua sekolah. Kesiapan penggunaan teknologi merupakan keniscayaan agar proses belajar mengajar tercapai sesuai harapan.

"Pandemi ini memang menjadi masalah dalam kegiatan belajar mengajar. Tidak semua sekolah siap, karena menuntut penguasaan teknologi. Semuanya harus mampu menyesuaikan diri," kata Kepala Sekolah SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang, Didin Sopandi dalam konferensi pers daring program Semesta Berkontribusi untuk Negeri, Sabtu (27/2).

Ketidaksiapan menggunakan teknologi di berbagai sekolah karena terbiasa memakai metode klasik dalam proses pembelajaran.

Lembaga pendidikan dan pengajar sudah terlalu nyaman dengan pola-pola yang biasa dan textbook

Selain siswa dan orang tua, guru juga menghadapi tekanan psikologis tentang cara mengajar melalui metode daring, bagaimana menyiapkan kontennya.

Apalagi program belajar daring bukan hanya menggunakaan aplikasi semacam zoom tetapi juga lainnya. 

"Ini belum lagi masalah learning management system. Itu yang dihadapi guru," katanya.

Selain itu sekolah juga harus melakukan inovasi agar siswa tidak mengalami kejenuhan belajar di rumah yang sudah berlangsung sejak awal 2020. Kemudian keluhan orang tua karena dituntut mendampingi anaknya. 

Mengatasi masalah pembelajaran daring, SMA Semesta Bilingual Boarding School Semarang menggelar pelatihan gratis untuk guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close