Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Aturan Baru Kemendikbud untuk Beban Kerja Dosen, Kini Lebih Merdeka

Jumat, 19 Maret 2021 – 12:00 WIB
Aturan Baru Kemendikbud untuk Beban Kerja Dosen, Kini Lebih Merdeka - JPNN.COM
Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam (kanan). Foto Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud membuat aturan baru terkait beban kerja dosen. Regulasi itu berupa Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Perdirjen) tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (PO BKD) tahun 2021.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengatakan, tugas dan kewajiban dosen yang merupakan beban kerja dosen (BKD) tersurat pada Pasal 72 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

BKD ini mencakup kegiatan pokok yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, melakukan evaluasi pembelajaran, membimbing dan melatih, melakukan penelitian, melakukan tugas tambahan, serta melakukan pengabdian kepada masyarakat.

"BKD tersebut sekurang-kurangnya sepadan dengan 12 satuan kredit semester (SKS) dan sebanyak-banyaknya 16 SKS," kata Nizam dalam sosialisasi pedoman operasional BKD tahun 2021 secara daring, Kamis (18/3).

Dia menjelaskan aturan baru ini menjadi kerangka besar dalam sistem pembinaan karir dosen yang mengikuti semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ini merupakan jawaban pertanyaan bagi pada dosen yang menginginkan dosen merdeka. 

Hanya saja, Kemendikbud harus mengubah juga Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) hingga kemudian PUPAK dari Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

"Perubahan ini agar pendidikan tinggi bisa lebih adaptif, fleksibel dengan semangat Kampus Merdeka," ucapnya.

Kemendikbud mengeluarkan aturan baru berkaitan dengan beban kerja dosen di mana dosen makin leluasa dalam menentukan mekanisme pembelajaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close