Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Australia dan China Teken Perjanjian Perdagangan Bebas

Rabu, 17 Juni 2015 – 13:28 WIB
Australia dan China Teken Perjanjian Perdagangan Bebas - JPNN.COM

Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan warga Australia akan semakin murah membeli mobil, pakaian dan barang-barang elektronik yang diimpor dari China menyusul penandatanganan  Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) kedua negara di Canberra, Rabu (17/6/2015).

Australia dan China akhirnya berhasil menyepakati Perjanjian Perdagangan Bebas yang oleh Perdana Menteri Tony Abbott disebut sebagai momen 'bersejarah' bagi kedua negara.

Abbott dan Menteri Perdagangan China, Gao Hucheng menandatangani kesepakatan ini di Canberra setelah melalui proses panjang selama satu dekade.

Menurut Abbott ini merupakan perjanjian global yang penting dan memberikan penghargaan bagi tim negosiasi dibalik kesepakatan ini.

"Apa yang telah Anda lakukan bersama  adalah moment bersejarah bagi kedua negara kita, dan kesepakatan ini akan mengubah negara Kita menjadi lebih baik, dan kesepakatan ini juga akan mengubah kawasan kita menjadi lebih baik serta mengubah dunia menjadi lebih baik," kata Abbott.

"Perjanjian ini akan memberi negara kita akses yang tidak terduga terhadap pasar di masing-masing negara,"

"Kita telah berhasil merebut kesempatan untuk melakukan lebih banyak perdagangan dan investasi dengan China dan kita juga telah berhasil menyelesaikan Trifecta perdagangan dengan mitra dagang utama kita, tidak hanya China, tetapi juga Jepang dan Korea Selatan. "

Pemerintah Australia mengatakan kesepakatan perdagangan bebas dengan China yang akan mulai berlaku November mendatang ini bernilai milyaran dolar bagi perekonomian serta pertumbuhan pasar kerja di dalam negeri.
 

Kesepakatan ini masih harus diratifikasi oleh parlemen sebelum efektif diberlakukan.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan warga Australia akan semakin murah membeli mobil, pakaian dan barang-barang elektronik yang diimpor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA