Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Australia Makin Rasis di Tengah Wabah Virus Corona

Jumat, 03 April 2020 – 23:04 WIB
Australia Makin Rasis di Tengah Wabah Virus Corona - JPNN.COM
Sebuah tulisan bernada rasis yang terlihat di kawasan Hawthorn, sebelah timur pusat kota Melbourne. (WeChat)

Komisi Hak Asasi Manusia di Australia mengatakan satu dari empat orang yang melaporkan tindakan rasisme dalam dua bulan terakhir memiliki kaitan dengan pandemi virus corona.

  • Komunitas keturunan Asia di Australia menghadapi "tingkat stress yang bertambah" akibat serangan rasisme
  • Komisi HAM di Australia mendorong warga di Australia untuk lebih menunjukkan kebaikan
  • PM Australia memuji kontribusi warga keturunan China dalam menghadapi virus corona

 

Berdasarkan data terakhir yang dilihat oleh ABC, bulan Februari mencatat laporan diskriminasi ras tertinggi hingga saat ini.

Sepertiga dari laporan di Februari tersebut terkait dengan virus corona, begitu juga seperempat laporan yang tercatat di bulan Maret.

Di saat Australia sedang berperang melawan virus corona, yang wabahnya pertama kali berasal dari kota Wuhan, China, banyak komunitas keturunan Asia di Australia melaporkan serangan rasis terkait COVID-19.

Komisi HAM Australia mengaku telah menerima puluhan laporan resmi dari korban diskriminasi dan rasisme setiap bulannya, meski angkanya tidak dapat dimuat, karena persyaratan ketat untuk menjaga kerahasiaan.

Rani Pramesti, seorang seniman asal Indonesia yang kini bermukim di kota Melbourne, baru-baru ini mengalami serangan rasisme.

Australia Makin Rasis di Tengah Wabah Virus Corona Photo: Rani Pramesti mengatakan sebenarnya bukan virus yang diskriminatif, tapi orang-orangnya. (Supplied: Daniel Mahon)

 

Komisi Hak Asasi Manusia di Australia mengatakan satu dari empat orang yang melaporkan tindakan rasisme dalam dua bulan terakhir memiliki kaitan dengan pandemi virus corona

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close