Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Australia Peringati Hari Maaf Nasional setiap 26 Mei, Begini Sejarah Kelam yang Menginspirasinya

Jumat, 26 Mei 2023 – 23:33 WIB
Australia Peringati Hari Maaf Nasional setiap 26 Mei, Begini Sejarah Kelam yang Menginspirasinya - JPNN.COM
Gubuk seng, dengan lantai tanah dan aliran air bersih, tempat ibu Monica Wallabindi tinggal bersama sembilan saudara kandungnya. (Supplied: Monica Wallabindi)

Ketika ibu dari Monica Wallabindi baru berusia dua tahun, dia diambil paksa dari rumahnya di pinggiran Kota Geraldton, Australia Barat.

Dia adalah salah satu anak dari 10 bersaudara, dan keluarganya tinggal di gubuk dari seng berlantai tanah, tanpa air bersih.

Namun terlepas dari situasi itu, ia dan saudara kandungnya menikmati menghabiskan waktu bersama, membuat dan bermain boneka.

Mereka menggunakan apa saja yang tersedia, boneka-boneka itu sering dibuat dari gelas tua atau botol bir dan dibungkus dengan kantong tepung bekas atau kain bekas.

Pada tanggal 4 November 1959, anak-anak tersebut diambil paksa dari rumah mereka, dan mainan kesayangan yang dibuat seadanya itu dibuang tanpa pikir panjang.

Monica Wallabindi adalah perempuan dari suku aborigin Wadandi Bibbulmun Noongar dari Perth dan telah tinggal di Canberra selama 20 tahun terakhir.

Dia seorang penyanyi yang menggunakan musiknya untuk berbagi cerita tentang keluarganya.

Baru-baru ini, dia menulis lagu Beer Bottle Baby, yang terinspirasi dari laporan lama pemerintah yang diberikan seorang perempuan aborigin kepadanya.

Australia menandai 'National Sorry Day' pada tanggal 26 Mei setiap tahun, mengingat dan mengakui perlakuan buruk

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close