Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas! Ada Penipu Mencatut Pegadaian, Modusnya Undian Badai Emas

Kamis, 27 Juli 2023 – 09:23 WIB
Awas! Ada Penipu Mencatut Pegadaian, Modusnya Undian Badai Emas - JPNN.COM
Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono. Foto dokumentasi Humas PT Pegadaian

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono mewanti-wanti masyarakat tidak mudah terbujuk penipuan bermodus Undian Badai Emas Pegadaian.

Informasi tentang undian yang mencatut Pegadaian itu tersebar di media sosial alias medsos, padahal faktanya penipuan.

“Dari laporan yang kami terima, pelaku telah membuat beberapa akun media sosial dengan mengatasnamakan program Undian Badai Emas Pegadaian,” ujar Yudi.

Lebih lanjut Yudi menjelaskan pelaku penipuan itu menghubungi calon korban melalui pesan langsung atau direct message. Isi pesan tersebut ialah iming-iming hadiah dan mengarahkan korban untuk membuka fail dalam format Android Package Kit (APK).

“Setelah itu korban diminta mentransfer sejumlah uang untuk menebus hadiah tersebut,” tutur Yudi.

Oleh karena itu, Yudi meminta masyarakat tidak mudah terbujuk, apalagi sampai mentransfer uang secara gegabah ke penipu yang mencatut Pegadaian.

Dia mengingatkan masyarakat bersikap cermat dan waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Undian Badai Emas Pegadaian tersebut.

“Sekali lagi kami minta kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap tawaran ataupun informasi yang belum diketahui kebenarannya, apalagi sampai melakukan transfer uang tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu,” ujar Yudi.

Penipu membuat akun di medsos dengan mencatut PT Pegadaian, lalu menyasar korban dengan iming-iming emas melalui fail APK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close