Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas! Jangan Berlebihan Menggunakan Antibiotik untuk Penyembuhan Sinusitis

Rabu, 09 Maret 2022 – 14:13 WIB
Awas! Jangan Berlebihan Menggunakan Antibiotik untuk Penyembuhan Sinusitis - JPNN.COM
Dokter spesialis THT Fransiskus H. Poluan. Foto dokumentasi Siloam Hospitals Mampang, Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Anda mengalami hidung tersumbat, lendir kental, nyeri wajah, dan kepala? Bisa jadi itu gejala awal Rhinosinusitis. 

Menurut dokter Fransiskus H. Poluan. Sp.THT I, Rhinosinusitis merupakan peradangan pada bagian hidung dan sinus paranasal.

Rhinosinusitis ini pada prinsipnya diakibatkan oleh penyakit-penyakit yang sebelumnya sudah ada. 

"Jadi, sinusitis bisa disebabkan oleh sakit gigi yang dinamakan sinusitis dentogen," kata dokter Fransiskus dalam diskusi kesehatan daring besutan Manajemen Siloam Hospitals Mampang, Jakarta, baru-baru ini.

Begitu juga dengan orang yang punya penyakit radang hidung (rhinitis), disebabkan oleh alergi atau perubahan suhu, paparan asap.

Dokter Fransiskus mengatakan, gejala umum yang terjadi yaitu ditemukan adanya hidung tersumbat, adanya lendir pada lubang hidung.

Lendir yang kental dengan warna hijau, kuning, ataupun berupa kecokelatan. Bisa juga disertai dengan nyeri pada bagian wajah seperti di atas pipi dan area sekitar tengah antara mata. 

Nyeri ini menurut dokter Fransiskus, disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan dari cairan di dalam sinusnya ataupun akibat adanya penebalan pada lapisan hidung.

Dokter spesialis THT Fransiskus Poluan mengingatkan masyarakat untuk tidak berlebihan menggunakan antibiotik dalam penyembuhan sinusitis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close