Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awasi Upaya Deindustrialisasi Melalui Pasal Selundupan

Selasa, 08 Oktober 2013 – 23:22 WIB
Awasi Upaya Deindustrialisasi Melalui Pasal Selundupan - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyatakan bahwa Rancangan Undang-Undang (RUU) Perindustrian yang tengah dibahas DPR harus memiliki ideologi. Menurutnya, jangan sampai nantinya UU Industrialisasi justru menjerumuskan ke arah deindustrialiasasi.

"Bisa tidak, RUU Industrialisasi ini marwahnya mengembalikan denyut industrialisasi?" kata Tulus dalam diskusi tentang RUU Perindustrian di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (8/10).

Tulus pun mengingatkan agar jangan sampai ada penyelundupan pasal di RUU Perindustrian yang membawa Indonesia ke arah deindustrialisasi. “Yang juga perlu diperhatikan soal nilai tambah. Makanya saya sepakat memasukkan adanya green industri, mulai dari energi hingga produk-produknya,” harapnya.

Tulus menambahkan, RUU Perindustrian harus secara rindi menjelaskan produk-produk industri yang ramah lingkungan. "Pihak industri harus bisa menjawab tantangan ini," pungkasnya.

Sedangkan anggota Panitia Kerja (Panja)  R, Hendrawan Supratikno berharap RUU Perindustrian bisa sejalan dengan amanat konstitusi. “Cukup sandang, pangan dan papan. Tidak perlu meniru India, yang sudah meneliti Mars,” tegasnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, dalam RUU Perindustrian ini ada upaya pemerintah untuk menunjukkan nasionalisme ekonomi. “Makanya ada aturan soal Domestic Market Obligation (DMO) dan sumber daya alam (SDA) agar tak semuanya diekspor, sebelum kebutuhan dalam negeri terpenuhi,” ungkapnya.

Menurut Hendrawan, Indonesia memerlukan budaya industri yang tangguh agar muncul sikap disiplin dan konsisten. Ia mencontohkan Jepang yang mampu membesarkan perusahaan tanpa mematikan perusahaan kecil.

“Berbeda dengan Indonesia, jika ada perusahaan tumbuh besar, maka perusahaan kecil kalau perlu dihisap sampai kering,” tegasnya seraya menambahkan, DPR akan berupaya agar RUU Perindustrian selesai dibahas bulan ini.(fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyatakan bahwa Rancangan Undang-Undang (RUU) Perindustrian yang tengah dibahas

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close