Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Azerbaijan Klaim Armenia Bombardir Ganja

Senin, 05 Oktober 2020 – 05:42 WIB
Azerbaijan Klaim Armenia Bombardir Ganja - JPNN.COM
Video yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Armenia menunjukkan tank yang diklaim sebagai milik Azerbaijan dalam operasi di Nagorno-Karabakh. Foto: ANTARA FOTO/Kementerian Pertahanan Armenia / Handout via REUTERS

jpnn.com, BAKU - Azerbaijan pada Minggu mengatakan bahwa pasukan Armenia telah menembaki kota kedua, Ganja, dalam eskalasi perang di Kaukasus Selatan yang meletus satu minggu lalu.

Armenia membantah bahwa mereka telah mengarahkan tembakan "dalam bentuk apa pun" ke Azerbaijan, tetapi pemimpin Nagorno-Karabakh, daerah kantong etnis Armenia di dalam Azerbaijan, mengatakan pasukannya telah menghancurkan pangkalan udara militer di Ganja.

Eskalasi membawa risiko perang skala penuh antara bekas republik Soviet di Azerbaijan dan Armenia yang dapat menyeret kekuatan lain. Azerbaijan didukung oleh Turki, sedangkan Armenia memiliki pakta pertahanan dengan Rusia.

Pertempuran yang meletus satu minggu lalu antara Azeri dan pasukan etnis Armenia telah meningkat dalam dua hari terakhir, dan menyebar jauh ke luar wilayah Karabakh yang memisahkan diri.

"Melancarkan tembakan ke wilayah Azerbaijan dari wilayah Armenia jelas-jelas provokatif dan memperluas zona permusuhan," kata Menteri Pertahanan Azeri Zakir Hasanov.

Ganja, dengan populasi 335.000, terletak sekitar 100 kilometer di utara ibu kota Karabakh, Stepanakert, dan 80 kilometer dari kota Vardenis di Armenia. Azerbaijan sebelumnya menuduh Armenia menembak ke wilayahnya dari Vardenis, dan Yerevan membantahnya.

Armenia mengatakan Azerbaijan telah menggunakan bandara di Ganja sebagai pangkalan pesawat tempurnya untuk melakukan serangan bom di Nagorno-Karabakh.

Pemimpin Nagorno-Karabakh Arayik Harutyunyan mengatakan pasukannya akan menargetkan kota Azeri.

Azerbaijan pada Minggu mengatakan bahwa pasukan Armenia telah menembaki kota kedua, Ganja, dalam eskalasi perang di Kaukasus Selatan yang meletus satu minggu lalu.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close