Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Azis Syamsuddin Dukung Rencana Kapolri Listyo Soal Penerapan Tilang Elektronik 

Kamis, 28 Januari 2021 – 21:26 WIB
Azis Syamsuddin Dukung Rencana Kapolri Listyo Soal Penerapan Tilang Elektronik  - JPNN.COM
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukung upaya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengedepankan penegakan aturan lalu lintas berbasis elektronik atau tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE).

"(Saya) mendukung upaya Kapolri segera menerapkan ETLE secara nasional, mengingat sejauh ini marak terjadi kasus suap dalam proses tilang konvensional/fisik oleh oknum polisi yang berimplikasi pada kerugian kas negara serta jatuhnya citra kepolisian di mata masyarakat," kata Azis, Kamis (28/1).

Politikus Partai  Golkar itu mendorong Polri untuk mengkaji secara komprehensif tentang mekanisme  ETLE, serta mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana pendukung aturan tersebut di seluruh daerah sebelum kebijakan tersebut diterapkan.

Selain itu, Azis menegaskan Polri harus segera menyosialisasikan kepada masyarakat terkait ETLE sejak dini.

"Sehingga masyarakat dapat mengetahui, memahami, dan menyadari akan adanya aturan tersebut, dan tidak merasa dirugikan atas denda atau hukuman tilang yang diterimanya di kemudian hari," jelasnya.

Azis Syamsuddin mengingatkan Polri terkait potensi pelanggaran baru yang ditimbulkan dari diimplementasikannya ETLE, seperti terjadinya pemalsuan pelat nomor kendaraan oleh oknum pengendara, dan lainnya.

Pasalnya, ujar Azis, masih banyaknya kendaraan yang memalsukan pelat nomor dan merugikan orang lain akhir-akhir ini.

"Pemilik mobil merasa tidak melanggar aturan namun mendapatkan surat tilang. Bahkan, berbeda jenis kendaraan yang dimilikinya namun pelat dan alamatnya sama. Jangan sampai peristiwa ini terulang kembali," paparnya.(boy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Rencana Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapatkan dukungan dari DPR. Oleh karena itu, perlu menyosialisasikan dan menyiapkan sarana prasarananya.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close