Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bachtiar Chamsyah Perlemah Posisi PPP

Jumat, 02 Januari 2009 – 19:38 WIB
Bachtiar Chamsyah Perlemah Posisi PPP - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Bachtiar Chamsyah bermanuver politik dengan menggalang kekuatan dari beberapa petinggi partai politik (parpol) lain untuk membentuk koalisi pra-pemilu. Koalisi yang digalang Bachtiar itu dimaksudkan untuk mendukung pasangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pada Pilpres 2009 nanti.

Namun  demikian, manuver Bachtiar itu justru dinilai dinilai bisa memperlemah posisi tawar PPP. Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI), Lili Romli, mengatakan bahwa langkah Bachtiar Chamsyah tidak akan membawa dampak posistif bagi PPP. “Justru bisa membuat posisi tawar PPP menjadi sangat lemah di mata Pak SBY dan Pak JK. Bahkan oleh sosok-sosok calon presiden dan partai-partai lainnya,’’ kata Lili kepada wartawan di Jakarta, Jumat (2/1).

SBY dan JK pasti, kata Lili, merasa bingung dan belum tentu mau menanggapi pinangan dari Bachtiar lewat gerakannya itu. Sebab SBY dan JK tahu, kalau Ketua Umum DPP PPP itu adalah Suryadharma Ali , yang secara organisasi lebih berhak untuk urusan dukung mendukung ini.

Gerakan yang dilakukan oleh Bachtiar Chamsyah itu sendiri  tidak resmi membawa institusi PPP. ’’Pak Bachtiar sendiri duduk di MPP yang tugasnya hanya memberikan saran, kritik dan masukan kepada DPP. Jadi untuk aksinya pengurus di DPP PPP yang lebih berhak dan bisa dikatakan membawa suara resmi organisasi,’’ kata Lili.

JAKARTA - Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Bachtiar Chamsyah bermanuver politik dengan menggalang kekuatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA