Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Baharkam Perkuat Kerja Sama dengan Lembaga di Bawah Departemen Kehakiman AS

Jumat, 14 Februari 2020 – 17:37 WIB
Baharkam Perkuat Kerja Sama dengan Lembaga di Bawah Departemen Kehakiman AS - JPNN.COM
Kepala Baharkam Polri beraudiensi dengan Direktur The International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) untuk Indonesia John Gollogly di Jakarta, Kamis (13/2). Foto: istimewa for Antara

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Agus Andrianto menerima kunjungan delegasi The International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) untuk Indonesia, Kamis (13/2) . Dalam pertemuan itu ada pembicaraan tentang upaya memperkuat kerja sama Baharkam Polri dengan lembaga di bawah Departemen Kehakiman Amerika Serikat tersebut.

Komjen Agus dalam pertemuan itu menyatakan, Baharkam Polri tengah fokus dalam mendukung program pemerintah tentang peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk yang berada di kawasan pesisir. Menurutnya, kawasan pesisir merupakan salah satu pintu masuk kejahatan yang menyebabkan kerugian keuangan negara.

“Bila masyarakat sejahtera, maka kejahatan akan turun. Kekayaan negara bocor pasti lewat pesisir dan banyak kejahatan masuk juga lewat pesisir sehingga kita akan perkuat masyarakat pesisir,” ujarnya sebagaimana dikutup Antara, Jumat (14/2).

Dari pihak ICITAP yang hadir pada pertemuan itu adalah direkturnya, John Gollogly yang didampingi John Ruffcorn selaku kepala operasi. Ada pula Koordinator Proyek ICITAP Mara Katoppo dan Arief Budiyasa yang ikut menghadiri pertemuan tersebut.

Untuk diketahui, ICITAP menawarkan program bantuan pelatihan investigasi kriminal lewat kerja sama dengan berbagai negara. Baharkam Polri dan ICITAP sebelumnya sudah mengadakan berbagai kerja sama, salah satunya adalah proyek Information Fusion Center (IFC) di Ditpolair Kepulauan Riau.

IFC itu diharapkan mampu mendukung Polda Kepri dalam menindaklanjuti persetujuan kerja sama di bidang informasi dan pengawasan operasi kapal-kapal.

Memang, Baharkam Polri telah membangun Command Center guna mendukung kinerja jajarannya. Namun, pusat kendali operasional ini masih kekurangan perangkat integrasi data.

Untuk itu, Komjen Agus mengharapkan ICITAP bisa membantu melengkapi perangkat integrasi data yang dibutuhkan Command Center Baharkam Polri. Kedua belah pihak sepakat untuk memperkuat hubungan kerja sama yang selama ini telah dibangun agar lebih intensif lagi.(antara/cuy/jpnn)

Baharkam Polri dan The International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) memperkuat kerja sama untuk menangkal tindak kejahatan di kawasan pesisir.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close