Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Baleg DPR Janji Pro Aktif Jemput Aspirasi

Senin, 03 November 2014 – 21:16 WIB
Baleg DPR Janji Pro Aktif Jemput Aspirasi - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR, Dr Sareh Wiyono M menyatakan komitmennya untuk membuka partisipasi publik yang seluas-luasnya dalam proses penyusunan undang-undang. Prinsipnya menurut Sarehwiyono, Baleg jemput bola untuk menjaring sebanyak mungkin aspirasi masyarakat, termasuk para pemangku kepentingan (stakeholder).

"Undang-undang yang dihasilkan Dewan harus mencerminkan seluas-luasnya kehendak rakyat. Karena itu Baleg pro-aktif menjaring aspirasi stakeholder. Ini tekad dari konsekuensi tugas dan pengabdian kami di Baleg," kata Sarehwiyono, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (3/11).

Politisi Partai Gerindra itu menjelaskan, dalam pembentukan undang-undang diperlukan partisipasi publik yang luas agar bisa mencerminkan kebutuhan dan kehendak masyarakat. "Oleh karena itu, sekali lagi, partisipasi publik sangat menentukan kualitas perundang-undangan yang dihasilkan," jelas Sareh Wiyono M.

Selama ini lanjutnya, DPR kerap mendapatkan kritik dari masyarakat karena tidak dapat mencapai target prolegnas. Bahkan, tidak sedikit juga undang-undang yang dihasilkan malah diuji di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Hal ini mengindikasikan adanya persoalan dalam proses legislasi, dimana, undang-undang yang dihasilkan tersebut ternyata belum memenuhi aspek kebutuhan dan kehendak masyarakat. Ini yang akan kami benahi ke depan," janji Sareh Wiyono M.

Dia katakan, DPR Periode 2004-2009 telah menyelesaikan 173 RUU dari 284 RUU yang menjadi prolegnas dalam lima tahun. Sementara DPR periode 2009-2014 mampu menuntaskan 126 RUU dari 247 RUU prolegnas dalam lima tahun. "Berarti, ada sekitar 121 RUU yang belum tuntas," ungkapnya.

DPR periode 2009-2014 bertekad RUU yang tidak dapat diselesaikan itu dapat dilanjutkan pembahasannya oleh DPR periode 2014-2019. "Baleg akan mempelajari terlebih dahulu, mana yang baik akan kita prioritaskan,” ungkap Sareh Wiyono M.(fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR, Dr Sareh Wiyono M menyatakan komitmennya untuk membuka partisipasi publik yang seluas-luasnya dalam

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close