Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bali Tingkatkan Ekspor Lewat Pelabuhan Benoa

Minggu, 01 Maret 2020 – 22:44 WIB
Bali Tingkatkan Ekspor Lewat Pelabuhan Benoa - JPNN.COM
Pelabuhan Benoa. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, BALI - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berkomitmen untuk mendukung kemajuan pariwisata di Bali.

Selain mega proyek Bali Maritime Tourism Hub (BMTH), yang akan rampung pada 2023 untuk mendukung pariwisata maritim, Pelindo III bersama Pemprov Bali, Bea Cukai, DPW ALFI/ILFA Bali, dan PT Meratus Line, pada 28 Februari 2020, menandatangani nota kesepakatan tentang Pemberian Insentif Jasa Kepelabuhanan Produk Ekspor dari Bali untuk Peningkatan Aktifitas dan Efisiensi Logistik Angkutan Laut guna menunjang sektor pariwisata dan perdagangan.

Tujuannya untuk peningkatan efisiensi sistem logistik dan daya saing angkutan laut dengan menata lalu lintas petikemas yang sebelumnya melalui jalur darat agar mulai menggunakan jalur laut.

Dengan beralihnya komoditi ekspor melalui jalur laut, maka diharapkan bisa mengurangi beban dan jalan nasional, mengurangi risiko kecelakaan, dan meningkatkan kenyamanan dan keamanan wisatawan di Bali.

Gubernur Bali I Wayan Koster dalam sambutannya saat pemberangkatan kapal peti kemas yang membawa komoditi ekspor perdana di Pelabuhan Benoa mengatakan, tersedianya kapal peti kemas yang sandar dan mengangkut komoditi ekspor di Pelabuhan Benoa Bali melalui laut akan memberikan dampak positif kepada Bali.

Di antaranya menekan sistem dan biaya logistik serta mengurangi risiko kerusakan jalan darat dampak dari arus pengiriman barang lewat darat.

“Adanya kemudahan ekspor barang melalui Pelabuhan Benoa, dapat mengurangi beban biaya logistik serta menekan potensi kerusakan jalan nasional di wilayah Bali. Kami rasa hal ini juga akan mendorong para pelaku industri kerajinan dan kreatif Bali untuk semakin memperluas jangkauannya di luar negeri,” ujar I Wayan Koster.

Sementara, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto menyatakan bahwa perseroan akan senantiasa hadir dan mendukung potensi peningkatan ekonomi, khususnya di wilayah Bali dan sekitarnya.

Pelindo III akan senantiasa hadir dan mendukung potensi peningkatan ekonomi, khususnya di wilayah Bali dan sekitarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close