Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bambang 'Paimo' Hertadi Mas, Gowes Keliling Dunia dengan Sepeda Sederhana

Paling Menantang Gowes di Dataran Tinggi Bolivia

Rabu, 01 Agustus 2012 – 00:01 WIB
Bambang 'Paimo' Hertadi Mas, Gowes Keliling Dunia dengan Sepeda Sederhana - JPNN.COM
Bambang 'Paimo' Hertadi Mas, pesepeda asal Bandung yang telah berkeliling dunia menggunakan sepeda dan menuliskan perjalanannya dalam sebuah buku berjudul 'Bersepeda Membelah Pegunungan Andes' saat dijumpai di Cihampelas, Bandung, Senin (30/7). Foto : Angger Bondan/Jawa Pos
Bambang Hertadi Mas sudah seperti "legenda hidup" bersepeda jarak jauh. Sudah lima benua dia jelajahi dengan sepeda sederhana yang setia menemaninya. Kendati banyak makan asam garam, lelaki yang akrab dipanggil Paimo itu tak pernah rewel menyetel spesifikasi sepedanya.

AGUNG PUTU ISKANDAR, Bandung

PAIMO seperti tidak ada tandingannya untuk urusan bersepeda jarak jauh. Rute-rute yang tidak terbayangkan sudah dia jajal. Mulai bersepeda hingga ke puncak Gunung Kilimanjaro (5.896 mdpl) di Afrika hingga bersepeda melintasi sepanjang daratan Amerika Selatan dari Bolivia hingga Chile.

   

Dia juga pernah bersepeda menjelajahi dataran tinggi Himalaya-Nepal, dan India. Benua biru Eropa pun tidak lepas dari petualangannya. Dia pernah bersepeda dari Portugal bablas hingga ke Prancis. Dia juga pernah ke Maroko, menelusuri jalur sutra, dan melintasi Tembok Besar Tiongkok. Sudah puluhan ribu kilometer dia lalui dengan menggowes sepeda.

   

Meski begitu, lelaki 54 tahun itu tak pernah takabur dengan prestasinya tersebut. Dia juga enggan dianggap pionir bersepeda jarak jauh di Indonesia. Dia tetap menjalani hidupnya sebagai orang sederhana yang bekerja sebagai konsultan sebuah perusahaan Indonesia penyedia alat-alat petualangan.

Bambang Hertadi Mas sudah seperti 'legenda hidup' bersepeda jarak jauh. Sudah lima benua dia jelajahi dengan sepeda sederhana yang setia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close