Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Apresiasi Universitas Budi Luhur Kembangkan Kendaraan Listrik

Selasa, 06 Juli 2021 – 14:22 WIB
Bamsoet Apresiasi Universitas Budi Luhur Kembangkan Kendaraan Listrik - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima jajaran pengurus Universitas Budi Luhur, di Jakarta, Selasa (6/7/21). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung kegiatan civitas akademika Universitas Budi Luhur yang berencana menggelar touring Jakarta - Mandalika pada Agustus 2021.

Touring tersebut akan menggunakan motor listrik dengan tampilan sportbike karya anak bangsa, Budi Luhur Sport Electric Vehicle/BL SEVO1, hasil kolaborasi Universitas Budi Luhur bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Katros Garage.

‘BL SEV01 telah diuji coba di Sirkuit Internasional Sentul pada April 2021, dengan teknisi dan tenaga dari kalangan akademisi Universitas Budi Luhur. Memiliki kecepatan hingga 140 Km/jam. Menandakan bahwa anak bangsa bisa menghasilkan kendaraan listrik secara mandiri. Sekaligus menandakan dimulainya era migrasi penggunaan kendaraan konvensional ke kendaraan listrik,” ujar Bamsoet usai menerima jajaran pengurus Universitas Budi Luhur, di Jakarta, Selasa (6/7/21).

Turut hadir antara lain Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino, Humas Universitas Budi Luhur Anastasya Putri, dan Tim Riding Tour Jakarta - Mandalika Syahrul Awal.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, rute touring Jakarta - Mandalika yang dilalui antara lain Jakarta - Cirebon - Semarang - Klaten - Madiun - Surabaya - Situbondo - Ketapang. Kemudian menyeberang ke Pulau Bali melanjutkan rute Gilimanuk - Singaraja - Denpasar - Padang Bah.

Selanjutnya, menyeberang ke pulau Lombok, melanjutkan rute Mataram dan finish di Sirkuit Internasional Mandalika. 

“Selain menguji endurance BLSEV01, touring tersebut juga harus dijadikan momentum mengedukasi dan memotivasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan ramah pengeluaran. Sekaligus mempromosikan potensi pariwisata dan berbagai capaian pembangunan yang telah dilakukan pemerintahan Presiden Joko Widodo di berbagai daerah yang dilalui selama touring,” kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengapresiasi keseriusan Universitas Budi Luhur dalam mengembangkan kendaraan listrik. Salah satunya dengan mendirikan Pusat Studi Kendaraan Listrik (PSKL), sebagai katalisator interdisiplin ilmu untuk bersinergi melakukan berbagai kajian terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Bamsoet mendukung kegiatan civitas akademika Universitas Budi Luhur yang berencana menggelar touring Jakarta - Mandalika pada Agustus 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close