Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Dorong Investor Optimalkan Potensi Wisata Pantai Karangsewu Jembrana

Minggu, 16 Mei 2021 – 20:41 WIB
Bamsoet Dorong Investor Optimalkan Potensi Wisata Pantai Karangsewu Jembrana - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat berada di Pantai Karangsewu Jembrana, Minggu (16/5). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JEMBRANA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong para investor yang sudah mendapat hak mengelola lahan di kawasan Pantai Karangsewu, Taman Nasional Bali Barat (TNBB) sejak tahun 1997, bisa segera memanfaatkannya untuk mendorong pengembangan pariwisata Bali.

Dengan demikian, kata Bamsoet, kawasan yang terkesan tidur tersebut bisa segera memberikan multiplier effect secara ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Jembrana, dan masyarakat di kawasan Bali Barat.

"Jika investor tidak sanggup lagi mengelola, segera kembalikan hak kelolanya kepada negara. Agar bisa dicarikan pihak swasta lainnya yang mampu mengelola dengan baik dan benar," ucap Bamsoet usai meninjau Pantai Karangsewu, Minggu (16/5).

Dia mengatakan keindahan Pantai Karangsewu berpadu dengan gugusan bukit Prapat Agung, tidak boleh dibiarkan mati hanya karena salah urus dan salah kelola.

"Harus dimaksimalkan sebesar mungkin untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tegas Bamsoet didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba, dan Kepala Balai TNBB Agus Ngurah Krisna Kepakisan.

Mantan ketua DPR RI itu menjelaskan, Pantai Karangsewu memiliki keunikan tersendiri dibanding pantai lainnya di Bali. Selain ombak yang tenang, tanah di pinggir pantai dipengaruhi oleh musim.

Saat musim kemarau, pemandangan didominasi cokelat kering dengan sedikit pohon hijau. Saat musim hujan, berubah menjadi hamparan tanah lapang hijau menyerupai lapangan sepakbola.

Oleh karena itu, dalam pengembangan lokasi tersebut para investor harus tetap menitikberatkan konservasi dan menjaga kelestarian lingkungan.

Jika investor tidak sanggup lagi mengelola, Bamsoet mendorong mereka segera mengembalikan hak kelolanya kepada negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close