Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Dorong Pemerintah Segera Tetapkan Aturan Larangan Mudik Lebaran

Selasa, 21 April 2020 – 21:30 WIB
Bamsoet Dorong Pemerintah Segera Tetapkan Aturan Larangan Mudik Lebaran - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera menetapkan aturan larangan mudik Lebaran 2020.

Menurut Bambang, hal ini guna memaksimalkan upaya pencegahan masyarakat berpindah dari satu daerah ke lainnya mengingat risiko penularan virus COVID-19 sudah dalam tahap transmisi komunitas.

“Apabila tidak segera dicegah, maka penularan virus COVID-19 tidak terkontrol ke pelosok daerah-daerah yang menjadi tujuan pemudik,” kata Bambang, Selasa (21/4).

Hal ini diungkap Bambang merespons pernyataan World Health Organization (WHO) yang sudah menetapkan level penularan virus corona di Indonesia dalam tahap transmisi komunitas, yang artinya penelusuran sumber penularan sulit dilakukan karena sudah meluas.

Legislator Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu juga mengimbau masyarakat untuk bisa bekerja sama dan mendukung kebijakan larangan mudik Lebaran 2020 tersebut.

Pemerintah, kata dia, harus konsisten mengedepankan keselamatan masyarakat Indonesia dengan terus melakukan pembatasan interaksi sosial ataupun penggunaan transportasi publik.

Bamsoet mendorong pemerintah dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dengan meningkatkan kinerja dan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara tegas, melaksanakan rapid test secara menyeluruh, serta menekankan isolasi mandiri secara konsekuen.

“Saya mendorong pemerintah pusat bersama pemerintah daerah untuk secara optimal melakukan pengujian sampel secara masif, pelacakan pasien positif secara progresif, dan pelaksanaan isolasi orang-orang yang terpapar dengan ketat, guna mencegah penyebaran virus Covid-19 makin meluas,” paparnya.

Bamsoet juga mengimbau masyarakat untuk bisa bekerja sama dan mendukung kebijakan larangan mudik Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close