Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Dorong Peningkatan Iklim Investasi Lewat Bank Tanah

Sabtu, 15 Juni 2024 – 17:36 WIB
Bamsoet Dorong Peningkatan Iklim Investasi Lewat Bank Tanah - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan di tengah persaingan global yang semakin kompetitif, mewujudkan iklim investasi yang positif. Ilustrasi. Foto: Dokumentasi Humas FKPPI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan di tengah persaingan global yang semakin kompetitif, mewujudkan iklim investasi yang positif adalah tantangan yang harus dihadapi.

Salah satu langkah konkrit Pemerintah Indonesia dalam mendorong iklim investasi adalah melalui pembentukan Bank Tanah.

Hal itu dilakukan sebagai badan khusus yang bertujuan untuk mengelola tanah, dan berfungsi melaksanakan perencanaan, perolehan, pengadaan, pengelolaan, pemanfaatan, hingga pendistribusian tanah. 

"Dengan terbentuknya Badan Bank Tanah akan dapat menjamin ketersediaan tanah untuk kepentingan umum, sosial, pembangunan, pemerataan ekonomi dan reforma agraria, serta mendukung investasi," ujar Bamsoet saat menjadi pembicara secara daring dalam Seminar Nasional Pascasarjana Magister Kenotariatan Universitas Jayabaya di Jakarta, Sabtu (15/6/24).

Wakil Ketua Partai Golkar itu menambahkan, peran dan fungsi Badan Bank Tanah seperti halnya Land Banking yang dapat menjadi solusi atau jawaban dalam pengadaan tanah untuk kepentingan investasi.

Selain itu, ban tanah dapat mendukung tujuan reforma agraria dalam mewujudkan pelayanan pertanahan yang modern sepertu penerbitan sertifikat hak atas tanah secara elektronik. 

"Sertifikasi secara elektronik akan menjadi landasan perubahan pola pikir masyarakat kita, bahwa digitalisasi dapat dimanfaatkan dalam berbagai dimensi kehidupan. Termasuk dalam dokumentasi kepemilikan tanah," kata Bamsoet.

"Sertifikat elektronik ini menghadirkan beberapa kemanfaatan, antara lain jaminan validitas informasi dokumen yang ter-enkripsi, kemudahan proses verifikasi secara digital, kecepatan dalam pelacakan dokumen, serta jaminan dan kepastian hukum," sambung dia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan di tengah persaingan global yang semakin kompetitif, mewujudkan iklim investasi yang positif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close