Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Dukung Penyelenggaraan Seminar Internasional INI di Yogyakarta

Rabu, 28 Juni 2023 – 07:19 WIB
Bamsoet Dukung Penyelenggaraan Seminar Internasional INI di Yogyakarta - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana penyelenggaraan Seminar Internasional yang akan diselenggarakan Ikatan Notaris Indonesia (INI) pada 21-22 Juli. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi berbagai gebrakan yang dilakukan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM Cahyo R Muzhar, dalam mempermudah kinerja notaris.

Salah satunya dengan meningkatkan penilaian indikator starting a business Indonesia.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menyebut Kementerian Hukum dan HAM telah menyederhanakan proses pendirian Perseroan Terbatas (PT), proses verifikasi nama PT yang sudah dilakukan melalui sistem, proses pendirian PT hanya 7 menit, serta bekerja sama dengan Ditjen Pajak.

Bamsoet juga mendukung rencana penyelenggaraan Seminar Internasional yang akan diselenggarakan Ikatan Notaris Indonesia (INI) pada 21-22 Juli 2023 di Yogyakarta.

Seminar itu disebut dihadiri 100 orang lebih notaris dari 9 negara Asia, termasuk dari Eropa seperti Belanda, Hungaria, dan lainnya.

"Revolusi Industri 4.0 turut membuat ekonomi digital Indonesia menggeliat. Pemerintah melalui Ditjen AHU dan juga para notaris harus adaptif terhadap fenomena ini. Salah satunya dengan bertransformasi menjadi Cyber Notary, yakni memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempermudah menjalankan tugas dan kewenangan," ujar Bamsoet seusai menerima Dirjen AHU Cahyo Rahadian Muzhar dan Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) Yualita Widyadhari, di Jakarta, Selasa (27/6).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, digitalisasi keuangan dan ekonomi digital di Indonesia perkembangannya semakin pesat, mulai dari sektor teknologi finansial, perdagangan elektronik (e-commerce), hingga metaverse.

Laporan Google Temasek & Bain, valuasi ekonomi digital Indonesia tumbuh 49 persen di tahun 2021 menjadi USD 70 miliar dan diprediksi menjadi USD 146 miliar di tahun 2025.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana penyelenggaraan Seminar Internasional yang akan diselenggarakan INI pada 21-22 Juli.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close