Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet: IMI dan Katech Akan Kembangkan Kendaraan Tenaga Surya dan Hidrogen

Senin, 21 Februari 2022 – 22:03 WIB
Bamsoet: IMI dan Katech Akan Kembangkan Kendaraan Tenaga Surya dan Hidrogen - JPNN.COM
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo menerima Direksi Katech di Kantor Pusat IMI, GBK Senayan, Jakarta, Senin (21/2). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, IMI dan Korea Automotive Technology Institute (Katech) bakal menjalin kerja sama di bidang penelitian dan pembangunan.

Dengan menghadirkan kendaraan tenaga surya, kendaraan tenaga hidrogen, serta power bank yang tidak terlalu besar sehingga mudah disimpan di kendaraan untuk mengisi baterai kendaraan listrik di saat darurat.

Kendaraan tenaga surya dan hidrogen akan menjadi kendaraan masa depan yang jauh lebih maju, modern, inovatif, dan high technology sekaligus sangat go green dan eco friendly dibandingkan kendaraan listrik pada umumnya.

Pengisian kendaraan listrik saat ini harus menggunakan energi yang dihasilkan pembangkit listrik konvensional yang tidak go green, seperti yang dihasilkan melalui batu bara (PLTU).

"Sementara itu, pada kendaraan tenaga surya, sumber energinya didapatkan dengan mengubah radiasi matahari yang ditangkap panel surya menjadi energi listrik untuk menggerakan motor listrik yang berfungsi memutar roda kendaraan,'' ucap Bamsoet.

Panel surya bisa dipasang di atap, kap depan, pintu, hingga pada bagian belakang kendaraan. Saat berkendara maupun parkir di cuaca yang cerah, kendaraan bisa tetap mengisi ulang baterai.

Jadi, saat cuaca tidak cerah, kendaraan bisa digunakan karena ada cadangan energi listrik yang disimpan di dalam baterai tersebut.

Hal itu dikatakan ketua umum IMI itu usai menerima Direksi Katech di Kantor Pusat IMI, GBK Senayan, Jakarta, Senin (21/2).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan, IMI dan Korea Automotive Technology Institute akan bekerja sama untuk mengembangkan kendaraan tenaga surya dan hidrogen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close