Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet: Jangan Biarkan Pisau Hukum Tumpul

Sabtu, 15 Juni 2024 – 20:06 WIB
Bamsoet: Jangan Biarkan Pisau Hukum Tumpul - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan masyarakan hanya bisa prihatin dan mengeluh ketika melihat hingga merasakan semakin tumpulnya pisau penegakan hukum. Foto: MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan masyarakan hanya bisa prihatin dan mengeluh ketika melihat hingga merasakan semakin tumpulnya pisau penegakan hukum yang menurunnya derajat ketertiban umum.

Rasa keadilan pun terusik, karena beberapa komunitas merasa tidak terlindungi sebagai akibat dari sistem hukum yang tidak bekerja dan berfungsi dengan efektif.

Kekacauan yang menjadi bukti semakin tumpulnya pisau hukum Indonesia begitu nyata akhir-akhir ini.

"Ketika masyarakat disuguhi atau harus menyaksikan adanya institusi penegak hukum menunjukan rivalitas mereka di ruang publik dengan aksi-aksi nyata yang sangat mengecewakan dan memprihatinkan," kata pria yang akrab disapa Bamsoet.

Dia menambahkan buramnya wajah hukum negara-bangsa ini pun sempat diselingi dengan tindakan penerapan hukum yang hanya sesuai dengan kacamata hukum dan interprestasinya saja. 

Publik melihat dan tahu bahwa korupsi makin marak. Namun, hanya satu-dua kasus korupsi yang direspons dengan penuh kesungguhan oleh sistem hukum.

Sebaliknya, sejumlah kasus korupsi lainnya ditanggapi dengan perilaku minimalis oleh sistem yang sama.

Wajar jika banyak komunitas menilai adanya tebang pilih oleh pelaksana sistem hukum dalam merespons beberapa kasus yang menjadi sorotan publik. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan masyarakan hanya bisa prihatin dan mengeluh ketika melihat hingga merasakan semakin tumpulnya pisau penegakan hukum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close