Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Sebut Medsos Bukan Lagi Sekadar Hiburan, Tetapi...

Senin, 06 Desember 2021 – 21:54 WIB
Bamsoet Sebut Medsos Bukan Lagi Sekadar Hiburan, Tetapi... - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet menjelaskan pentingnya digitalisasi bagi UMKM. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan kepada seluruh pengguna harus bijak ketika bermain media sosial.

Menurut dia, media sosial bukan lagi sekadar hiburan. Melainkan menjadi identitas yang harus diketahui dengan pasti siapa pemiliknya.

Hal itu diungkapkan pria yang akrab disapa Bamsoet saat menerima Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI), di Jakarta, Senin (6/12).

Dia mengatakan pemerintah harus mengkaji lebih dalam mengenai perlunya penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai syarat untuk membuka akun di media sosial.

Sebagaimana penggunaan NIK KTP yang telah diterapkan pemerintah, untuk melakukan pendaftaran sim card telepon yang cukup berhasil menekan penyalahgunaan kartu prabayar.

"Jangan sampai seseorang bisa membuat ratusan akun secara bebas, yang tidak diketahui secara pasti siapa pemilik dan identitasnya. Sehingga dengan mudah digunakan untuk melakukan berbagai tindakan yang tidak bertanggungjawab," kata Bamsoet.

"Seperti melakukan tindakan intoleransi, penyebaran paham radikalisme dan ekstrimisme, hingga menyebarkan hoax dan hate speech," sambung Bamsoet.

Pengurus HIKMAHBUDHI yang hadir antara lain Ketua Umum Wiryawan, Sekretaris Jenderal Ravindra, Ketua Bidang Pengembangan Wilayah Villy, dan Anggota Bidang Perempuan Metta. Hadir pula penggiat media sosial Wirang Birawa.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan kepada seluruh pengguna harus bijak ketika bermain media sosial (Medsos).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close