Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet Singgung DEWA DEWI Kiai Ma'ruf saat Sosialisasi Empat Pilar

Rabu, 26 Agustus 2020 – 17:30 WIB
Bamsoet Singgung DEWA DEWI Kiai Ma'ruf saat Sosialisasi Empat Pilar - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong kaum muda Indonesia, khususnya di pedesaan untuk terjun dalam berbagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Termasuk program DEWA, DEWI dan DEDI yang pernah dicetuskan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Pasalnya, kontribusi sektor ini terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60 persen dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah signifikan yakni sekitar 97 persen dari total tenaga kerja. Namun kemampuan UMKM menembus pasar ekspor masih relatif kecil, yaitu 14 persen.

"Di sinilah peran penting pemuda untuk berinovasi mendorong optimalisasi ekspor produk UMKM," kata Bamsoet -panggilan ketua MPR dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI secara virtual kepada jajaran Badan Komunikasi Nasional Desa se-Indonesia (BKNDI), di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (26/8).

Bamsoet mengatakan potensi pasar ekspor sangat besar, sekitar 7,4 miliar jiwa atau sekitar 28 kali lipat pasar domestik.

"Dengan demikian, walaupun berusaha di desa, pendapatan yang bisa diraih bisa melebihi kota, dan pasaran mendunia," lanjut politikus Golkar ini.

Hadir dalam Sosialisasi Empat Pilar itu Ketua Dewan Penasehat BKNDI Mayjen TNI (Purn) Suprapto, Ketua Umum BKNDI Isra Sanaky, dan Ketua Panitia Penyelenggara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI BKNDI Moch Haris.

Mantan Ketua DPR RI ini menjelaskan, seiring perkembangan zaman yang menghadirkan era digital, geliat perekonomian juga dipengaruhi penggunaan aplikasi teknologi.

BPS mencatat pada 2019, transaksi e-Commerce di Indonesia mencapai Rp 17,2 triliun. Artinya, konsumen Indonesia sangat melek digital. Ironisnya, data terakhir yang dihimpun Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2018, hanya 13 persen atau sekitar 8,3 juta dari 64,19 juta unit UMKM yang mampu beradaptasi dengan ekosistem digital.

Ketua MPR bicara DEWA, DEWI dan DEDI ala Wapres Ma'ruf Amin di acara Sosialisasi Empat Pilar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close