Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bandara Letung Diharapkan Rampung Akhir Tahun

Rabu, 13 September 2017 – 23:49 WIB
Bandara Letung Diharapkan Rampung Akhir Tahun - JPNN.COM
Budi Karya Sumadi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan Bandara Letung (Pulau Jemaja) di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepri hampir rampung dikerjakan. Setelah beroperasi, bandara ini akan memberi banyak manfaat bagi wilayah perbatasan RI tersebut.

“Ini adalah bentuk kerja nyata sebagai bagian dari perhatian pemerintah untuk wilayah perbatasan,” kata Menhub Budi Karya Sumardi kepada wartawan, Rabu (13/9).

Selain meningkatkan perekonomian wilayah, Bandara Letung juga bermanfaat sebagai basis pertahanan dan keamanan negara.

“Bandara Letung ini juga disukai turis mancanegara, karena dekat dengan Pulau Bawah yang cukup dikenal akan keindahan alamnya. Dan pariwisata juga salah tujuan pengembangan ekonomi,” tegasnya.

Bandara Letung ini kata Budi memiliki ukuran landas pacu 1.200x30 meter. Landas hubung 125x15 meter dan landas parkir untuk 3 pesawat 125x70 meter.

“Pada 22 November 2016 telah dilakukan terbang perdana. Sekarang sudah ada penerbangan komersial tiap hari Rabu menggunakan Susi Air dengan tarif subsidi Rp 350 ribu utk rute Tanjungpinang (Pulau Bintan) - Letung (Kab. Anambas). Ada juga penerbangan sewa bagi turis yang berkunjung ke Pulau Bawah,” tegasnya

Untuk akses ke pusat pemerintahan yaitu Kota Tarempa di Pulau Siantan, Menhub mengatakan, perlu layanan konektivitas transportasi yang berkelanjutan.

Jalur darat dan air kata dia masih harus disiapkan dengan benar. Kapal penyeberangan juga diupayakan maksimal satu jam perjalanan karena jarak Pulau Jemaja dan Pulau Siantan 45 mil.

Menhub Budi Karya Sumardi mengatakan, Bandara Letung di Kabupaten Kepulauan Anambas sudah hampir rampung dikerjakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close