Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bandara Yogyakarta dan Solo Tutup Lebih Lama

Minggu, 16 Februari 2014 – 15:23 WIB
Bandara Yogyakarta dan Solo Tutup Lebih Lama - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih belum bisa memastikan kapan Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta dan Bandara Adi Sumarmo, Solo dapat beroperasi kembali. Pasalnya, sampai saat ini proses pembersihan abu vulkanik hasil letusan Gunung Kelud masih berlangsung.

Juru bicara Kemenhub Bambang Ervan mengatakan, Bandara Adi Sumarmo ditargetkan kembali beroperasi hari Senin (17/2) pukul 07.00 WIB. Sedangkan, Bandara Adi Sucipto diperkirakan buka kembali satu hari setelahnya, Selasa (18/2).

Namun, ujarnya, keputusan terakhir masih harus menunggu hasil evaluasi yang akan dilakukan beberapa jam sebelum waktu yang dijadwalkan.

"Biasanya 6 sampai 12 jam sebelumnya kita evaluasi dulu," kata Bambang saat dihubungi wartawan di Jakarta, Minggu (16/2)

Dijelaskannya, faktor yang menentukan aman tidaknya membuka bandara adalah dampak dari debu baik di landasan maupun di apron. Selain itu setiap pesawat juga harus dipastikan bersih dari debu.

"Abu vulkanik mengandung silika, jika ada abu di bagian turbin bisa menimbulkan korslet. Kedua, di badan pesawat ada alat sensor yang peka dan tak boleh tertutup karena memberikan informasi ketinggian dan kondisi cuaca," papar Bambang.

Kedua bandara ini, tambahnya lagi, merupakan yang paling terdampak letusan Kelud. Karena itu dinilai wajar jika keduanya lebih lama berhenti beroperasi dibanding bandara lain.

Seperti diberitakan, pascameletusnya Gunung Kelud, Kamis (13/2) lalu, ada tujuh bandara di pulau Jawa yang ditutup. Saat ini lima dari tujuh bandara itu sudah mulai beroperasi kembali.

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih belum bisa memastikan kapan Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta dan Bandara Adi Sumarmo, Solo dapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close