Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bang Saleh Dukung Keputusan Muhammadiyah soal Pengelolaan Tambang

Selasa, 30 Juli 2024 – 19:23 WIB
Bang Saleh Dukung Keputusan Muhammadiyah soal Pengelolaan Tambang - JPNN.COM
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi dan menghormati keputusan PP Muhammadiyah yang siap mengelola tambang yang diberikan pemerintah.

Menurut Saleh, hal itu adalah keputusan yang sangat independen dan mandiri, bahkan sebelum memutuskan, PP Muhammadiyah sudah melakukan kajian mendalam dan mendengar masukan dari para ahli.

"Muhammadiyah selalu berhati-hati dalam membuat keputusan, apalagi isu tambang ini menyita perhatian publik. Namun biasanya, kalau sudah diputuskan, akan dikerjakan dengan baik dan penuh tanggung jawab," kata Saleh saat dikonfirmasi, Selasa (30/7).

Anggota DPR Dapil 2 Sumut itu menilai PP Muhammadiyah sangat wajar menerima konsesi tambang. Muhammadiyah adalah ormas keagamaan yang ikut berjuang untuk bangsa ini sejak masa penjajahan.

Saleh mengatakan pengalaman Muhammadiyah dalam melayani umat tidak perlu diragukan. Terbukti, Muhammadiyah telah mengelola ribuan sekolah, ratusan perguruan tinggi, rumah sakit, baitul mal, dan amal usaha lain, serta ribuan masjid yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Agak aneh kalau ada orang yang meragukan kemampuan Muhammadiyah. Dengan jumlah perguruan tinggi yang begitu banyak, Muhammadiyah memiliki para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Mereka banyak juga yang berlatar belakang pendidikan luar negeri," ucapnya.

Kalau Muhammadiyah dipercaya mengelola tambang, kata Saleh, maka yang mengelola adalah persyarikatan, bukan individu untuk kepentingan perseorangan. Kemaslahatan yang akan diperoleh pun pasti untuk umat dan masyarakat.

"Saya ini kader Muhammadiyah. Saya paham betul bagaimana aturan mengelola amal usaha di Muhammadiyah," ujar mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi keputusan dan kesiapan Muhammadiyah mengelola tambang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA