Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prof Zainuddin Maliki Yakin Muhammadiyah Akan Melakukan yang Terbaik Mengelola Tambang

Senin, 29 Juli 2024 – 10:47 WIB
Prof Zainuddin Maliki Yakin Muhammadiyah Akan Melakukan yang Terbaik Mengelola Tambang - JPNN.COM
Anggota DPR RI Prof Zainuddin Maliki. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - Anggota DPR RI Prof Zainuddin Maliki meyakini Muhammadiyah akan melakukan yang terbaik dalam mengelola tambang sesuai izin usaha pertambangan (IUP) yang akan dipercayakan pemerintah.

Hal itu disampaikan Prof Zainuddin merespons keputusan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PP MUhammadiyah di Universitas Aisyiyah Yogyakarta pada 27-28 Juli 2024, yang menyatakan menerima tawaran IUP dari pemerintah.

Zainuddin mengatakan Muhammadiyah sedang diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk mengelola tambang. Kesediaan organisasi keagamaan itu menurutnya bukan untuk mencari keuntungan, melainkan menerima kepercayaan itu dengan baik.

"Muhammadiyah kalau sudah diberi kepercayaan bukan malah berkurang, tetapi justru memberi nilai tambah terhadap kepercayaan itu," kata Prof Zainuddin saat dihubungi JPNN.com, Senin (29/7).

Legislator asal Jawa Timur itu juga mengaku termasuk orang yang optimistis bahwa Muhammadiyah dalam mengelola tambang, tidak seperti yang dilakukan para pemburu rente atau rent seeking.

Menurut dia, Muhammadiyah bukan rent seekers, tetapi melawan pemburu rente yang hanya peduli mencari untung, tidak peduli itu merusak lingkungan, merusak sistem atau merusak tatanan yang ada.

"Muhammadiyah itu prinsipnya, kalau dipercaya mengelola tambang, tidak berorientasi kepada keuntungan semata, bahkan itu sudah dinyatakan oleh Pak Haedar, bahwa Muhammadiyah bukan nyari untung dari tambang," ucapnya.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya itu yakin PP Muhammadiyah bakal mencari sumber daya yang profesional untuk melakukan penambangan dengan prinsip-prinsip keberlanjutan, tetap menjaga green economy, serta tidak akan berdampak negatif terhadap masyarakat lokal.

Anggota DPR RI Prof Zainuddin Maliki meyakini Muhammadiyah bakal melakukan yang terbaik dalam mengelola tambang yang dipercayakan pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA