Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bangun Lagi Jembatan Disiapkan Rp350 Miliar

Kamis, 01 Desember 2011 – 18:51 WIB
Bangun Lagi Jembatan Disiapkan Rp350 Miliar - JPNN.COM
Komisi V DPR RI menggelar rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, (1/12). Rapat kerja ini mengundang beberapa pihak seperti Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto (kedua dari kiri), Wakil Gubernur Kalimantan Timur H Farid Wadjdy (ketiga dari kanan), Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari (kedua dari kanan) dan beberapa pihak terkait. Foto : Arundono/JPNN
JAKARTA- Ada yang aneh dari ambruknya Jambatan Tenggarong di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (26/11). Pasalnya, dari hasil penyelidikan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Badan SAR Nasional (Basarnas), tak ada kerusakan pada kabel seperti yang diduga selama ini. Baik untuk kabel horizontal maupun kabel vertikal masih tetap utuh.

"Tidak ada yang putus. Malah kabelnya tetap utuh. Jadi kami pastikan kabel yang ada memang sudah sesuai standar," ujar Menteri PU, Djoko Kirmanto saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, yang juga dihadiri pihak Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar, Kamis (1/12).

Hanya saja, lanjut Djoko, ada bagian pada sambungan yang terlepas antara kabel vertikal dan horizontal. Namun begitu, ia belum bisa menyimpulkan secara pasti penyebab pokoknya. "Sampai dengan saat ini masih terus kami cari tahu bersama tim ahli. Apa yang menjadi penyebab utama," terangnya.

Ia juga menampik ada isu yang berkembang bahwa jembatan tersebut sering ditabrak kapal. Kata dia, kabar tersebut tidak benar. Pasalnya, panjang jembatan tersebut secara keseluruhan mencapai 710 meter. Sedangkan bentang tengah yang tidak memiliki tiang penyanggah mencapai 270 meter. "Itu sangat luas. Jadi tidak mungkin ditabrak kapal," tegasnya.

JAKARTA- Ada yang aneh dari ambruknya Jambatan Tenggarong di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (26/11). Pasalnya, dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA