Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BANJARMASIN: Angka Pernikahan Siri Melonjak

Kamis, 17 Juni 2010 – 10:02 WIB
BANJARMASIN: Angka Pernikahan Siri Melonjak - JPNN.COM
BANJARMASIN – Jumlah warga Kota Banjarmasin yang melakukan pernikahan secara siri terus meningkat dari tahun ketahun. Hal itu terlihat dengan semakin meningkatnya pembuat akta kelahiran anak ibu. Data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin menyebutkan, tahun 2008 penerbitan akta kelahiran anak seorang ibu hanya berjumlah 203 lembar kemudian pada tahun 2009 sebanyak 953 lembar dan pada tahun 2010 melonjak menjadi 2.051 lembar.

“Selama dibukanya pelayanan secara gratis, animo masyarakat untuk membuat akta kelahiran bagi anak-anaknya cukup tinggi. Terutama dari ibu-ibu yang mengurus akta kelahiran anaknya melalui hasi perkawinan siri,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin Hj Rachma Norlias, kemarin.

Mengutip data yang ada, Rachma menyebutkan, persentase masyarakat yang melakukan pernikahan siri memang diakui mengalami lonjakan yang begitu tajam bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni hampir 100 persen dalam setiap tahun.

Ditanya apa yang menjadi penyebab tingginya animo masyarakat melakukan pernikahan secara siri, Rachma mengaku tidak tahu persis. Dia hanya mengatakan, pernikahan siri lebih banyak membawa mudaratnya karena tidak mempunyai kekuatan hukum.

BANJARMASIN – Jumlah warga Kota Banjarmasin yang melakukan pernikahan secara siri terus meningkat dari tahun ketahun. Hal itu terlihat dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close