Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banjir di Medan jadi Bahan Menyerang Anies Baswedan

Minggu, 17 Desember 2017 – 06:03 WIB
Banjir di Medan jadi Bahan Menyerang Anies Baswedan - JPNN.COM
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi sasaran hoaks bertema banjir Jakarta beberapa hari lalu.

Ya, mereka yang tidak bisa move on dari konflik horizontal di pilkada DKI, melakukan berbagai cara untuk menyudutkan Anies.

Hoaks yang pertama menyebar berasal dari blog clickbait reportase3.blogspot.co.id. Blog itu membuat artikel berjudul, Anies: Siapa Yang Bisa Ngatasin Banjir, Nabi Nuh Saja Nyerah..!!

Jika membaca sepintas pada judulnya, orang mungkin akan berpikir Anies tak sanggup mengatasi banjir. Atau yang lebih ekstrem, Anies menistakan nabi.

Namun, begitu Anda klik judul itu dan sedikit jeli membandingkan dengan berita di media mainstream, ternyata artikel blog Reportase3 tersebut hanyalah hasil copy paste yang ditambahi.

Mereka mengambil artikel salah satu portal berita Tribun. Isinya identik, kecuali paragraf terakhir.

Pada bagian akhir, blog Reportase3 menyelipkan kalimat yang berbunyi, ”Anies mengimbau agar warga lebih hati-hati khusunya dimusim penghujan ini, sebab kita tidak bisa memprediksi kondisi alam”.

Juga kutipan, ”Ya kita semua harus lebih hati-hati lagi. Sebab tak ada yang bisa mengatasi banjir. Sekelas Nabi Nuh saja nyerah ”. Tak ada satu pun media mainstream yang memunculkan kalimat seperti itu.

Foto seorang pria menggendong perempuan di tengah genangan banjir dijadikan bahan hoaks menyerang Gubernur DKI Anies Baswedan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close