Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banjir Limbah Tambang Renggut 58 Nyawa, Ratusan Masih Hilang

Selasa, 29 Januari 2019 – 13:25 WIB
Banjir Limbah Tambang Renggut 58 Nyawa, Ratusan Masih Hilang - JPNN.COM
Personel SAR mencari korban yang tertimbun lumpur akibat jebolnya bendungan limbah tambang di Brumadinho, Minas Gerais. Foto: AFP

jpnn.com, BRASILIA - Brasil masih berduka. Ambrolnya bendungan limbah tambang bijih besi milik Vale masih membuat warga Brumadinho di Negara Bagian Minas Gerais trauma. Sejauh ini, korban tewas yang berhasil dievakuasi mencapai 58 orang. Tapi, lebih dari 300 yang lain masih dinyatakan hilang.

Petaka Jumat (25/1) itu membuka kembali kenangan pilu warga terhadap peristiwa yang sama pada 2015. Saat itu, bendungan di Tambang Samarco jebol. Bendungan tersebut juga merupakan milik Vale.

''Fokus kami adalah mencari pekerja yang masih hilang,'' ujar Jubir Pemadam Kebakaran Brasil Pedro Aihara kepada Reuters kemarin (28/1). Sebagian besar korban yang masih hilang adalah pekerja tambang bijih besi tersebut.

Jumat lalu salah satu dam yang menampung limbah milik Vale di Corrego do Feijao tiba-tiba ambrol. Sebanyak 12 juta meter kubik air beracun yang ditampung langsung membanjiri kompleks yang ditempati para pekerja tambang, kontraktor, dan penduduk lokal.

Bobolnya bendungan limbah milik perusahaan tambang Vale merupakan insiden kedua dalam lima tahun terakhir. Pada 2015, volume air yang menyapu permukiman warga sekitar 60 juta meter kubik.

Bencana di Tambang Samarco, Mariana, itu merenggut 19 nyawa warga Rio Doce.

''Dampak lingkungannya mungkin tak sebesar yang lalu. Tapi, ini tragedi kemanusiaan yang parah,'' ujar CEO Vale Fabio Schvartsman tentang insiden Jumat lalu itu.

Saat kejadian, perusahaan memperkirakan lebih dari 300 pekerja dan kontraktor berada di lokasi bencana. Menurut BBC, sekitar 192 orang yang berhasil selamat.

Puluhan orang tewas dan ratusan lainnya hilang setelah bendungan limbah tambang di Minas Gerais, Brasil, jebol

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close