Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bank Sentral Dunia Terus Redam Dampak Krisis

ADB: Asia Bisa Terseret

Jumat, 19 September 2008 – 12:47 WIB
Bank Sentral Dunia Terus Redam Dampak Krisis - JPNN.COM
MANILA - Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) memperingatkan, institusi keuangan di wilayah Asia berisiko terseret kejatuhan pasar finansial di AS. Menurut ADB, risiko itu bisa terjadi meski hingga kini kerugian di kawasan Asia akibat dampak krisis subprime mortgage tergolong kecil dibandingkan wilayah lainnya.

ADB mengakui Asia bisa bertahan dari dampak langsung dari gejolak finansial yang menerpa AS dan perekonomian global. Itu disebabkan pertumbuhan permintaan domestik, peningkatan cadangan devisa, hingga neraca perdagangan yang sehat.

Meski demikian, Presiden ADB Haruhiko Kuroda memperingatkan bahwa Asia bisa terpengaruh krisis subprime mortgage di AS. ''Sejak krisis menghantam AS pada pertengahan 2007 hingga saat ini, tingkat kerugian di Asia lebih rendah daripada region lain. Tapi, tak ada jaminan, beberapa peristiwa terakhir tak akan berpengaruh pada institusi keuangan di Asia,'' kata Kuroda dalam ADB Regional Forum di Manila kemarin (18/9).

Dia berharap para menkeu, bank sentral, maupun penentu kebijakan keuangan di Asia mengadakan dialog soal stabilitas finansial. Forum itu membahas perkembangan peraturan dan juga koordinasi untuk meningkatkan pengawasan terhadap pasar keuangan di Asia.

MANILA - Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) memperingatkan, institusi keuangan di wilayah Asia berisiko terseret kejatuhan pasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close