Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bank Timur Tengah Siapkan USD 100 Juta

Untuk Beli Saham Bank Nasional

Senin, 23 Juni 2008 – 11:58 WIB
Bank Timur Tengah Siapkan USD 100 Juta - JPNN.COM
JAKARTA – Kinerja perbankan nasional masih menarik minat investor asing. Hal ini ditandai dengan rencana dua bank asal Timur Tengah untuk mengakuisisi saham perbankan nasional. Dua bank tersebut adalah Al-Barakah Islamic Bank asal Bahrain dan Emirates Islamic Bank, bank terbesar di Dubai.

    Keduanya menyiapkan dana tahap awal senilai USD 100 juta (sekitar Rp 930 miliar) untuk menunjukkan komitmen mereka. Masuknya bank-bank ini diharapkan menjadi tahap awal dari kepercayaan investor Timur Tengah menanamkan modalnya di Indonesia.

    Ketua HIPMI bidang Energi Erwin Aksa menjelaskan bahwa informasi mengenai rencana masuknya dua bank asal Timur Tengah tersebut didapatkannya dari hasil kunjungannya ke negara-negara Timur Tengah.

    “Untuk tahap awal mereka melirik bank nasional. Setelah itu mungkin akan dikonversi menjadi syariah,” ujarnya saat ditemui dikawasan Rasuna Jakarta akhir pekan lalu (21/6).

    Menurut Erwin, dengan langkah awal tersebut, selanjutnya diharapkan bisa masuk dan mendukung pembiayaan sektor riil. “Terutama untuk proyek-proyek senilai Rp 50-100 miliar ini kan banyak. Kalau cari yang triliunan ya memang tidak banyak,” lanjutnya.

    Komitmen perbankan Timur Tengah untuk masuk ke sektor perbankan ini bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya Jordan Islamic Bank juga menyatakan ketertarikannya untuk melakukan ekspansi ke Indonesia.

    Namun, perbankan Timur Tengah masih menyoroti berbagai ketidakpastian disektor regulasi Indonesia. Oleh karena itu, perbaikan disektor regulasi harus terus dilakukan. “Aturan main di sektor syariah harus terus diperbaiki. Masih banyak kelemahan,” paparnya.

    CEO Bosowa Corporation ini menambahkan bahwa upaya pemerintah untuk menarik investor-investor dari Timur Tengah ini juga masih kurang. Hal ini terlihat dari minimnya investasi Qatar di Indonesia.

JAKARTA – Kinerja perbankan nasional masih menarik minat investor asing. Hal ini ditandai dengan rencana dua bank asal Timur Tengah untuk mengakuisisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close