Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bantu Para Petani, Pj Gubernur Kondomo Ingin Jadikan Papua Pegunungan sebagai Lumbung Pangan

Minggu, 05 November 2023 – 23:08 WIB
Bantu Para Petani, Pj Gubernur Kondomo Ingin Jadikan Papua Pegunungan sebagai Lumbung Pangan - JPNN.COM
Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi Papua Pengunungan Nikolaus Kondomo bersama para petani Lahan Kawasan Industri Pertanian Terpadu (KIPT) di Kampung Tulem, Distrik Wita Waya, Kabupaten Jayawijaya. Foto: dok PP

jpnn.com, PAPUA - Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi Papua Pengunungan Nikolaus Kondomo secara resmi membuka Lahan Kawasan Industri Pertanian Terpadu (KIPT) di Kampung Tulem, Distrik Wita Waya, Kabupaten Jayawijaya pada Jumat (3/11)

“Saya mendorong Provinsi Papua Pegunungan ini menjadi lumbung pangan terbesar untuk tanah Papua dan Indonesia. Saya berterima kasih kepada masyarakat Tulem yang sudah menyerahkan tanah 12 hektar untuk membuka lahan kawasan industri ini,” kata Pj. Gubernur Nikolaus Kondomo di sela-sela kegiatan itu.

Menurut Kondomo, untuk mendukung program ini, dia telah mendatangkan dan melantik salah seorang tim ahli ekonomi dari Sumatera dan telah melakukan survei.

Program ini, kata dia, sejalan dengan instruksi presiden dalam mendorong ketahanan pangan di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, Kondomo ingin masyarakat di Papua Pegunungan pun bisa maju dalam bidang pertanian, bisa menikmati hasil alam mereka sendiri, dan bisa sejahtera.

“Saya lakukan terobosan ini supaya masyarakat petani di Papua Pengunungan bisa dibantu. Karena saya melihat masyarakat di sini punya tradisi dan budaya bertani yang sangat kuat sejak dulu, tinggal kita fasilisasi dan memberikan modal usaha. Apalagi tanah kita sangat subur. Lahan ini akan kita jadikan sebagai kebun percontohan di Provinsi Papua Pegunungan,” tegasnya.

Yan Yogobi, salah seorang tokoh masyarakat Tulem mengatakan pihaknya sudah bersepakat menyerahkan lahan seluas 12 hektar untuk dijadikan Lahan Kawasan industri Pertanian Terpadu di Distrik Tulem, Kabupaten Jayawijaya.

“Bila kurang kami tambah lagi. Kami lepas tanah ini dan dukung pemerintah yang sudah membantu fasilitasi kami untuk peralatan dan ahli ekonomi yang modern. Terima kasih kepada Bapak Penjabat Gubernur Kondomo untuk mendorong kami maju dalam bidang pertanian ke depan,” kata Yogobi.

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pengunungan Nikolaus Kondomo membuka Lahan Kawasan Industri Pertanian Terpadu untuk para petani di Papua Pegunungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close