Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Pasien Anak Cuci Darah di RSHS Bandung, Konon Ini Penyebabnya

Kamis, 01 Agustus 2024 – 12:37 WIB
Banyak Pasien Anak Cuci Darah di RSHS Bandung, Konon Ini Penyebabnya - JPNN.COM
Petugas kesehatan sedang menyiapkan alat hemodialisis bagi pasien gagal ginjal di Instalasi Hemodialisa RS Hasan Bandung, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengungkapkan penyebab banyaknya pasien anak yang sedang menjalani prosedur pengobatan cuci darah atau hemodialisis di fasilitas kesehatan itu.

Konsultan Nefrologi Anak RSHS Bandung Prof Dany Hilmanto mengatakan, pasien anak yang saat ini menjalani cuci darah memiliki riwayat penyakit gagal ginjal yang sudah lama ataupun kelainan bawaan.

“Karena memang penyebabnya cuci darah pada anak kebanyakan ada dua sebab yaitu kelainan struktur dan adanya penyakit glomerulus pada ginjal,” kata Dany di Bandung, Kamis (1/8/2024).

Hal itu dia sampaikan sebagai respons mengenai banyaknya pasien anak-anak yang melakukan pengobatan cuci darah di rumah sakit yang saat ini tengah viral di media sosial.

Dany menegaskan umumnya penyakit gagal ginjal karena faktor seringkali mengkonsumsi makanan yang tidak sehat tidak langsung menimbulkan gejala pada penyakit tersebut.

“Bahwa dari tahun ke tahun penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh junk food itu melalui tahap yang panjang, dia harus melalui ke hipertensi dulu, diabetes mellitus dulu, obesitas yang di mana semua itu merupakan risiko pada gagal ginjal,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa gangguan ginjal pada anak-anak berbeda dari pada dewasa. Adapun kasus yang sering ditemukan, kata dia, adalah kelainan bawaan.

“Karena pada saat ini usia sudah di atas lima tahun memang yang paling banyak karena penyakit glomerulus. Jadi, yang paling sering di antaranya penyakit glomerulus itu adalah yang bocor ginjal,” jelas Dany.

RS Hasan Sadikin Bandung mengungkap penyebab banyak pasien anak yang sedang menjalani prosedur pengobatan cuci darah atau hemodialisis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA