Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Rumah Porak-poranda Diterjang Puting Beliung

Minggu, 12 Desember 2021 – 04:22 WIB
Banyak Rumah Porak-poranda Diterjang Puting Beliung - JPNN.COM
Atap rumah warga di Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat, rusak berat akibat diterjang angin puting beliung, Sabtu (11/12).Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Angin puting beliung memporak-porandakan belasan rumah warga di Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengatakan angin puting beliung yang melanda kawasan tersebut membuat warga panik berlarian ke luar rumah karena sebagian besar atap rumah warga berhamburan terbawa angin.

"Satu orang warga dilaporkan mengalami luka ringan tertimpa tembok rumah yang ambruk. Sedangkan belasan rumah dilaporkan rusak akibat puting beliung, saat ini, petugas kami masih melakukan pendataan berapa jumlah pasti rumah yang rusak," katanya saat dihubungi, Sabtu.

Sebagian besar pemilik rumah yang rusak, mengungsi sementara ke rumah sanak saudara atau tetangga, sambil menunggu perbaikan esok hari karena angin puting beliung yang melanda kawasan tersebut menjelang sore, sehingga warga kesulitan melakukan perbaikan.

BPBD akan melaporkan kejadian tersebut ke dinas terkait, agar dapat meringankan beban warga untuk memperbaiki rumah mereka yang rusak.

"Kami belum bisa memastikan, namun sebagian besar rusak berat di bagian atap dan satu rumah temboknya ambruk," katanya.

Keterangan warga sekitar angin puting beliung terjadi menjelang sore yang sebelumnya hujan turun deras disertai angin kencang melanda kawasan tersebut, angin memporak porandakan perkampungan warga yang sempat berhamburan ke luar rumah karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan.

Angin puting beliung datang dari arah barat ke permukiman warga, sebelumnya hujan turun deras disertai angin kencang yang berlangsung cukup lama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close