Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak yang Tak Percaya Corona Benar-benar Ada, dr Reisa Bilang Begini

Selasa, 16 Juni 2020 – 17:13 WIB
Banyak yang Tak Percaya Corona Benar-benar Ada, dr Reisa Bilang Begini - JPNN.COM
dr Reisa Broto Asmoro. Foto: ANTARA/Dewanto Samodro

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, virus corona penyebab COVID-19 benar-benar ada di Indonesia.

"Banyak yang bertanya baik melalui website maupun media sosial, termasuk menanyakan apakah COVID-19 benar-benar ada," kata Reisa saat jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang diikuti melalui akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Selasa (16/6).

Reisa mengatakan, COVID-19 adalah singkatan dari Coronavirus Disease 2019 yang merupakan penyakit menular disebabkan oleh virus corona tipe SARS-CoV-2.

Virus tersebut masuk ke dalam tubuh manusia dan menggandakan diri di saluran pernafasan bagian bawah sehingga mengganggu kekebalan tubuh dan dapat berakibat fatal bagi seseorang yang memiliki penyakit penyerta seperti ginjal, diabetes melitus, dan darah tinggi.

Virus corona penyebab COVID-19 menular melalui percikan yang ke luar dari mulut dan hidung orang yang terjangkit ketika batuk, bersin, dan berbicara baik secara langsung maupun melalui perantara permukaan yang kerap dipegang.

"Karena itu, penggunaan masker dengan baik dan benar sangat dianjurkan bahkan diwajibkan saat pandemi COVID-19. Selain itu, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan pembersih tangan dan menjaga jarak juga bisa memutus rantai penularan COVID-19," tuturnya.

Reisa mengatakan, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman telah berhasil memetakan identitas virus corona penyebab COVID-19 yang ada di Indonesia. Hal itu dapat digunakan untuk meneliti faktor epidemi lebih lanjut sekaligus untuk mencari obat antivirusnya.

"Dengan tahu virus yang beredar di Indonesia, maka akan bisa didesain vaksinnya. Saat ini, sudah ada 15 ribu lebih saudara-saudara kita yang berhasil sembuh dari COVID-19, membuktikan bahwa penyakit ini bisa disembuhkan," katanya.

dr Reisa Broto Asmoro mengatakan, virus corona penyebab COVID-19 benar-benar ada di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Daerah

    18 Orang Meninggal Dunia Akibat Longsor di Tana Toraja

    Senin, 15 April 2024 – 12:10 WIB
    18 Orang Meninggal Dunia Akibat Longsor di Tana Toraja - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
  • Humaniora

    BNPB Merilis Dampak Gempa Tuban Bermagnitudo 6,5

    Senin, 25 Maret 2024 – 10:16 WIB
    BNPB Merilis Dampak Gempa Tuban Bermagnitudo 6,5 - JPNN.com
  • Humaniora

    Banjir di Demak, 24.436 Warga Masih Mengungsi

    Jumat, 22 Maret 2024 – 02:30 WIB
    Banjir di Demak, 24.436 Warga Masih Mengungsi - JPNN.com
X Close