Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bappenas Tekankan Arti Penting Perlinsos Bagi Disabilitas

Sabtu, 14 Agustus 2021 – 23:43 WIB
Bappenas Tekankan Arti Penting Perlinsos Bagi Disabilitas - JPNN.COM
Petugas sedang menyalurkan bantuan bagi penyandang disabilitas berat. Foto: Humas Kemensos RI.

jpnn.com, JAKARTA - Perluasan program perlindungan sosial (perlinsos) dianggap mampu melindungi masyarakat rentan dalam menghadapi krisis akibat pandemi virus corona (covid-19).

“Perluasan program perlindungan sosial pada masa pandemi covid-19 diharapkan mampu menstimulus perekonomian sehingga efektif dalam mencegah kondisi krisis yang jauh lebih buruk,” kata Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas Maliki, Kamis (12/8)/

Berdasarkan survei Jaringan Organisasi Penyandang Disabilitas untuk respons inklusif Covid-19 di Indonesia pada April 2020 terdapat proporsi yang signifikan.

Dalam survei itu ada penurunan pendapatan bagi 86 persen penyandang disabilitas yang secara umum bekerja di sektor informal.

Pemberlakuan aturan untuk menjaga jarak fisik dan pembatasan aktivitas sosial  selama pandemi membawa dampak paling besar terhadap mereka yang mengandalkan interaksi langsung dalam melaksanakan pekerjaan.

Hanya sekitar 40 persen responden yang sudah menerima setidaknya satu program bantuan sosial dari pemerintah.

Dari jumlah itu, hanya empat persen yang menerima bantuan tunai. Beratnya dampak pandemi covid-19 juga dialami siswa penyandang disabilitas.

Sebelum pandemi, mereka menghadapi keterbatasan akses pendidikan. Peralihan metodologi pengajaran menjadi daring yang

Perluasan program perlindungan mampu melindungi masyarakat rentan dalam menghadapi krisis akibat pandemi virus corona (covid-19).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close