Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Basmi Kuman dan Bau Pascabanjir Ala Sonia WIbisono

Minggu, 19 Januari 2020 – 08:59 WIB
Basmi Kuman dan Bau Pascabanjir Ala Sonia WIbisono - JPNN.COM
Sonia Wibisono. Foto: Instagram/sonia

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Sonia Wibisono mengimbau agar waspada dengan curah hujan di Jabodetabek yang masih terbilang tinggi.

Sebab, kata dia, hujan yang terus menerus bisa berpotensi banjir dan membawa banyak penyakit.

“Karena hujan yang terus menerus tetapi pembangunannya tidak lancar bisa menyebabkan banjir,” tutur Sonia Wibisono kepada awak media di Jakarta, baru-baru ini.

“Banjir itu bisa menyebabkan banyak sekali penyakit, karena air yang menggenang terkena perabotan dan lantai akan membawa kuman-kuman semua dari sekitar tanah, kotoran, ke rumah kita," lanjutnya.

Menurut Sonia Wibisono, gejala yang paling kentara akibat kuman yang dibawa oleh banjir adalah batuk pilek, dan sakit perut.

“Batuk, pilek sudah pasti karena kuman, kemudian diare. Jadi banyak kotoran dari sampah-sampah, dari kuman-kuman, penyakit masuk ke dalam, ke dalam tempat makan kita,” ujar dia.

Sonia juga mengingatkan bahaya leptospirosis, penyakit dari kuman leptospira yang dibawa urine tikus. Gejala seperti demam dan pegal linu bisa menyebabkan komplikasi organ dalam bila tidak ditangani dengan baik.

"Nah, semuanya itu bisa disemprotkan dengan antibacterial spray Lavme ini. Karena Lavme spray anti kuman dan bakteri ini gunanya untuk membasmi dan membunuh kuman, 99 persen kuman akan mati," beber Sonia Wibisono.

Dokter Sonia Wibisono punya solusi untuk membasmi kuman yang disebabkan oleh banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close