Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bayi Tidak Tidur Sepanjang Malam, Orang tua Perlu Khawatir?

Senin, 18 Februari 2019 – 23:12 WIB
Bayi Tidak Tidur Sepanjang Malam, Orang tua Perlu Khawatir? - JPNN.COM
Ilustrasi bayi. Foto: Pixabay

jpnn.com - Apakah bayi tidur sepanjang malam pada saat mereka berusia satu tahun? Faktanya sebagian besar ternyata tidak.

Hanya 57 persen bayi tetap tidur selama delapan jam berturut-turut pada usia satu tahun, hal ini menurut temuan peneliti Kanada.

Studi mereka juga menunjukkan bahwa, bertentangan dengan kebijaksanaan umum, suasana hati seorang ibu tidak bergantung pada bayi yang tidur sepanjang malam.

Tidur total, termasuk tidur siang, mungkin lebih penting daripada mendapatkan delapan jam berturut-turut, mereka menulis dalam jurnal Pediatrics.

"Jika hanya ada satu hal yang bisa saya ceritakan kepada orang tua, jangan khawatir jika bayi Anda tidak tidur sepanjang malam pada usia enam bulan," kata Marie-Helene Pennestri dari McGill University, yang memimpin tim studi, seperti dilansir laman Today, Minggu (17/2).

"Tidur sepanjang malam pada usia 6 hingga 12 bulan umumnya dianggap sebagai standar emas di negara-negara Barat dan pelatihan perilaku tidur (seperti menangis terkontrol) populer di kalangan orang tua dan profesional," jelas Pennestri.

Peneliti melihat survei orang tua dari 388 bayi berusia hingga enam bulan, dan kemudian memeriksanya kembali pada saat bayi berusia satu tahun.

"Pada usia 6 bulan, menurut laporan para ibu, 38 persen bayi belum tidur setidaknya 6 jam berturut-turut di malam hari dan lebih dari setengah (57 persen) tidak tidur selama 8 jam," tambah Pennestri dan rekannya.

Banyak orang tua yang lebih stres mengupayakan bahwa bayi mereka harus tidur sepanjang malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close