Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BAZNAS Fokus Tingkatkan Kualitas SDM Amil dalam Era Digital

Rabu, 09 Oktober 2024 – 10:13 WIB
BAZNAS Fokus Tingkatkan Kualitas SDM Amil dalam Era Digital - JPNN.COM
Ketua Baznas Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA. Foto: Humas Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) KH. Noor Achmad menekankan pentingnya penguatan kompetensi amil dalam menghadapi tantangan era digital dan perubahan sosial ekonomi yang cepat.

Dia menyampaikan hal tersebut saat pemaparan strategi penguatan sumber daya manusia (SDM) amil zakat dalam Stadium General Penerima Beasiswa Filantrofi BAZNAS di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa (8/10).

Amil, ujarnya, harus memiliki kemampuan manajemen, teknologi, dan pelayanan publik, di samping keahlian teknis dalam pengelolaan zakat.

Menurutnya, SDM amil yang unggul adalah kunci keberhasilan pengelolaan zakat secara profesional dan amanah, sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat.

“Amil adalah ujung tombak dalam memastikan zakat dikelola dengan prinsip 3 Aman, yakni Aman Syari, Aman Regulasi, dan Aman NKRI,” jelas Kiai Noor.

Dia m enambahkan bahwa BAZNAS berkomitmen meningkatkan kualitas SDM amil melalui pelatihan dan sertifikasi guna memperkuat zakat sebagai instrumen pemberdayaan umat dan pengentasan kemiskinan.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Prof Sahiron M.Phil mengapresiasi kebijakan dan langkah strategis BAZNAS yang fokus memberdayakan dan mengembangkan SDM Amil Zakat di Indonesia.

"BAZNAS telah membuat kebijakan benar, dengan mengamalkan karakter kepemimpinan Nabi prophetic leadership dengan 3 ciri utama yang tertuang dalam Surah At Taubah," katanya.

Kiai Noor menekankan pentingnya meningkatkan kualitas SDM amil dalam menghadapi era digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA