Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Berkomitmen Optimalkan Pelayanan untuk Barang Bawaan Jemaah Haji 2024

Rabu, 03 Juli 2024 – 16:10 WIB
Bea Cukai Berkomitmen Optimalkan Pelayanan untuk Barang Bawaan Jemaah Haji 2024 - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai saat melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan jemaah haji Indonesia. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai sebagai instansi yang memiliki tugas pemeriksaan pabean atas barang bawaan penumpang ke dan dari luar negeri berkomitmen memberikan pelayanan optimal kepada para jemaah haji, baik sebelum keberangkatan maupun saat tiba kembali di Indonesia.

Pelayanan optimal ini diberikan Bea Cukai melalui unit vertikalnya kepada seluruh jemaah haji di 13 bandara embarkasi dan debarkasi untuk mendukung kelancaran penyelenggaran ibadah haji 2024.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar mengatakan demi kelancaran proses pemberangkatan dan kepulangan jemaah haji, Bea Cukai sebelumnya telah menyosialisasikan beberapa hal penting yang perlu dipahami seputar aturan kepabeanan, khusunya barang bawaan penumpang.

Bea Cukai juga telah menjalin kerja sama dengan Saudi Customs terkait bantuan proses pemeriksaan barang bawaan penumpang jemaah haji Indonesia.

Dikatakan Encep, umumnya pemeriksaan barang penumpang dilakukan Bea Cukai saat penumpang tiba di Indonesia.

Namun, berkat kerja sama dengan Saudi Customs, tahun ini Bea Cukai juga memberikan layanan pemeriksaan barang bawaan penumpang menggunakan alat hi-co x-ray sebelum keberangkatan untuk menjamin terpenuhinya aturan dari Saudi Customs.

Hal ini juga berlaku sebaliknya saat jemaah haji akan kembali ke Indonesia.

“Kerja sama ini mempercepat proses customs clearance barang bawaan penumpang di kedua negara, sehingga tidak tejadi penumpukan dan jemaah bisa lebih fokus dalam menjalankan ibadahnya,” ungkap Encep dalam keterangan resminya, Rabu (3/7).

Ini komitmen Bea Cukai dalam mendukung kelancaran penyelenggaraan ibadah haji 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close