Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Dorong 8 Produk Ini untuk Diekspor

Jumat, 16 April 2021 – 16:29 WIB
Bea Cukai Dorong 8 Produk Ini untuk Diekspor - JPNN.COM
Ilustrasi - Bea Cukai siap mengasistensi para pelaku UMKM dengan produk khas daerahnya masing-masing. Foto: Humas Bea Cukai 

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kian gencar mendorong potensi ekspor daerah bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, dan para penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Upaya tersebut menyebabkan Bea Cukai dapat menggali potensi ekspor daerah dengan mengasistensi para pelaku UMKM dengan produk khas daerahnya masing-masing.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai Sudiro pada Jumat (16/4) mengatakan kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah aktif menyosialisasikan dan mengasistensi tata laksana ekspor kepada para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) dan UMKM, sekaligus membantu mereka mengembangkan produk khasnya.

Tercatat ada delapan produk yang tengah digali dan didorong ekspornya oleh Bea Cukai, mulai dari kerajinan bengok sampai batik madura.

Di Semarang, Bea Cukai mengasistensi tiga perusahaan yang memproduksi barang-barang kerajinan khas daerah Semarang, yaitu Naruna Ceramic, Bengok Craft, dan Batik Rugza.

Naruna Ceramic merupakan industri yang berlokasi di Salatiga dengan produk berupa bermacam keramik yang sukses menembus pasar Qatar, Uni Emirat Arab, Australia dan India.

Bengok Craft merupakan industri yang mengolah enceng gondok (bengok) menjadi bermacam kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi, seperti tas yang sukses menembus pasar Eropa (Prancis), Asia, dan Amerika.

Sedangkan Batik Rugza merupakan industri batik yang berlokasi di Sampangan Gunungpati, yang sukses menjual produknya hingga ke pasar di Jepang.

Bea Cukai kian gencar mendorong potensi ekspor daerah bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, dan para penggiat UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close