Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Giat Jalin Sinergi untuk Pacu Ekspor Produk dalam Negeri

Rabu, 10 November 2021 – 19:29 WIB
Bea Cukai Giat Jalin Sinergi untuk Pacu Ekspor Produk dalam Negeri - JPNN.COM
Bea Cukai Soekarno Hatta bersama Kamar Dagang dan Industri mengadakan diskusi membahas upaya mendorong produk UMKM. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai Soekarno Hatta bersama Kamar Dagang dan Industri mengadakan diskusi membahas upaya mendorong produk UMKM menembus pasar ekspor.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta Finari Manan mengungkapkan, selama ini Bea Cukai Soekarno-Hatta sudah cukup banyak mengedukasi pelaku UMKM, dan juga memberikan asistensi berupa pelatihan ekspor.

“Dua produk unggulan UMKM di Banten, yaitu Kelapa Kupas dan Gula Semut, sudah kami berikan pendampingan ekspor sejak 2020," ungkap Finari.

Dia menambahkan, secara sistem, proses kepabeanan di bidang ekspor juga sudah menjadi lebih mudah.

Meskipun para pelaku UMKM itu masih terkena dampak pandemi, tetapi tidak berhenti memberikan asistensi.

Ketua Kadin Bandara Soekarno-Hatta Arifah mengungkapkan pihaknya selalu menjalin komunikasi tak hanya dengan instansi pemerintah.

Namun, juga dengan perwakilan swasta lainnya yang terlibat dengan pelaksanaan ekspor, seperti forwarder dan perusahaan jasa logistik lainnya.

Sebab, ini bisa menjadi salah satu yang tujuannya bisa dapat menekan biaya pengiriman ke luar negeri yang cukup tinggi.

“Kita akan mengolah data potensi produk pertanian dan perkebunan misalnya, lalu membuat ruang pendampingan hingga berhasil ekspor,” jelas Arifah.

Bea Cukai Soekarno Hatta bersama Kamar Dagang dan Industri mengadakan diskusi membahas upaya mendorong produk UMKM menembus pasar ekspor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close