Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Menyusun Strategi Meningkatkan Ekspor di Beberapa Daerah

Rabu, 28 September 2022 – 21:24 WIB
Bea Cukai Menyusun Strategi Meningkatkan Ekspor di Beberapa Daerah - JPNN.COM
Bea Cukai terus berusaha membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan ekspor produknya. Ilustrasi Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggalakkan koordinasi teknis pengelolaan ekspor di daerah bersama instansi terkait. 

Kantor Wilayah (Kanwil) Aceh dan Jawa Timur II menggelar rapat koordinasi bersama pemerintah daerah dan pihak perbankan untuk menyusun strategi peningkatan ekspor oleh para pelaku UMKM.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana pada Rabu (28/9) mengatakan Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Aceh Hilman Satria berkesempatan memaparkan bagaimana peran serta strategi Bea Cukai dalam mendorong peningkatan ekspor di Aceh. 

"Dalam paparannya, dijelaskan beberapa upaya Kanwil Bea Cukai Aceh dalam mendukung ekspor daerah. Pertama, dalam kurun waktu Januari-Juni 2022 Kanwil Bea Cukai Aceh melakukan asistensi dan sosialisasi fasilitas ekspor kepada para pelaku UMKM. Kedua, Kanwil Bea Cukai Aceh melayani ekspor perdana enam pelaku UMKM," sebutnya.

Selain itu, Bea Cukai mendukung ekspor dengan memberikan kemudahan dalam bentuk fasilitas yang dapat digunakan para pelaku usaha. Beberapa fasilitas ekspor di antaranya kawasan berikat, pusat logistik berikat , dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE). 

Tak hanya itu, Kanwil Bea Cukai Aceh juga menyediakan klinik ekspor dan agen fasilitas yang diharapkan mengedukasi para pelaku UMKM berpotensi ekspor akan fasilitas dan prosedur kepabeanan terkait ekspor, serta memecahkan masalah yang selama ini menghambat pelaksanaan ekspor daerah.

Koordinasi teknis pengelolaan ekspor daerah juga dilaksanakan Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II dengan melaksanakan courtesy call ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang. 

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II Oentarto Wibowo berdiskusi dengan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi untuk membahas sinergi kedua pihak dalam penguatan ekspor daerah. 

Bea Cukai terus menyusun strategi untuk meningkatkan ekspor pelaku UMKM di beberapa daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close