Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Merauke Sosialisasikan Tupoksi Kepada Satgas Pamtas RI-PNG

Rabu, 24 Juni 2020 – 18:54 WIB
Bea Cukai Merauke Sosialisasikan Tupoksi Kepada Satgas Pamtas RI-PNG - JPNN.COM
Foto: kiriman dari Bea Cukai

jpnn.com, MERAUKE - Bea Cukai Merauke memenuhi undangan Korem 174/ATW Merauke untuk memberikan pembekalan sosialisasi tugas pokok dan fungsi institusi Bea Cukai kepada pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG (Papua New Guinea) yang baru.

Acara tersebut berlangsung di Aula LB Moerdani Korem 174/ATW, Sabtu (13/6).

Hal ini dilaksanakan setelah adanya pergantian Satgas Pamtas RI-PNG di Merauke dan Boven Digul telah dilakukan pergantian dari Batalyon Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad dan Batalyon Infantri 406/Chandra Kusuma kepada Batalyon Mekanis 516/ Caraka Yudha dan Batalyon Infantri 125/Simbisa.

“Dengan pembekalan ini, diharapkan Satgas Pamtas RI-PNG makin memahami tugas pokok dan fungsi institusi yang bertugas di perbatasan, khususnya Bea Cukai dan ketentuan peraturan yang berlaku di wilayah perbatasan, sehingga akan terjalin sinergi antarinstitusi penjaga perbatasan dengan TNI dalam mewujudkan suasana yang aman dan kondusif di wilayah perbatasan,” ungkap Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Merauke, Rommy Ardianto.

Seturut Rommy, perbatasan negara mempunyai nilai yang sangat strategis bagi suatu negara, perbatasan negara merupakan manifestasi utama kedaulatan wilayah suatu negara. Perbatasan suatu negara mempunyai peranan penting dalam penentuan batas wilayah kedaulatan, pemanfaatan sumber kekayaan alam, dan pertahanan keamanan serta keutuhan wilayah.

Wilayah perbatasan bisa dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan apabila pembangunan berjalan dengan baik dan merata, infrastruktur pendukung tersedia dengan baik, serta keamanan terjaga dengan kondusif.

“Solidnya unsur instansi pemerintah dan aparat penegak hukum di wilayah perbatasan ini dalam menjaga wilayah perbatasan menjadikan stabilitas wilayah perbatasan menjadi lebih kondusif,” tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembekalan tersebut pimpinan CIQ dan BKSDA yaitu Kepala Kantor Bea dan Cukai Merauke, Kepala Kantor Imigrasi Merauke, Kepala Kantor Karantina Ikan Merauke, Kepala Kantor Karantina Pertanian Merauke, Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke dan Kepala BKSDA Merauke. (*/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Sosialisasi dari Bea Cukai ini digelar lantaran adanya pergantian Satgas Pamtas RI-PNG di Merauke dan Boven Digul.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close