Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum, Ini Tujuannya

Jumat, 20 Mei 2022 – 21:50 WIB
Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum, Ini Tujuannya - JPNN.COM
Bea Cukai terus menjalani sinergi dengan berbagai instasi penegak hukum seperti TNI dan Kejaksaan. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus menjalani sinergi dengan berbagai instasi penegak hukum seperti TNI dan Kejaksaan.

Kerja sama itu harus digencarkan mengingat, Bea Cukai memiliki kewajiban untuk menegakkan hukum di bidang kepabeanan dan cukai secara tegas dan adil.

Kepala Subdirektorat Humas dan Publikasi Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan Indonesia merupakan negara hukum, sehingga harus dipatuhi dan ditegakkan untuk melindungi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Menurut dia, penegak hukum harus menyadari bahwa dalam menjalankan tugasnya mengikuti aturan hukum, melindungi hak asasi manusia, dan menggunakan kewenangan secara wajar dan terukur.

"Kesadaran ini yang berusaha kami pupuk dan kuatkan. Salah satunya menjalin sinergi dengan instansi penegak hukum, seperti TNI dan Kejaksaan," ungkap Hatta.

Dia menambahkan kerja sama itu bertujuan untuk terwujudnya penegakan hukum di tengah masyarakat.

Implementasi kerja sama antara Bea Cukai dengan TNI dan Kejaksaan tersebut bisa terlihat di berbagai kegiatan yang dilakukan kantor-kantor pelayanan Bea Cukai.

Di Banjarmasin, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel), tengah membangun gedung dan sarana prasarana, menggandeng Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan untuk memberikan pendampingan hukum bidang perdata dan tata usaha negara, agar dalam proses pembangunannya bisa berjalan lancar dan taat hukum.

"Kesepakatan pendampingan hukum itu ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Kepala Kanwil Bea Cukai Kalbagsel Ronny Rosfyandi dan Kajati Kalsel," ungkapnya.

Bea Cukai terus menjalani sinergi dengan berbagai instasi penegak hukum seperti TNI dan Kejaksaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close