Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Bea Cukai-Polairud Meningkatkan Sinergi Pengawasan Wilayah Perairan

Selasa, 13 April 2021 – 20:19 WIB
Bea Cukai-Polairud Meningkatkan Sinergi Pengawasan Wilayah Perairan - JPNN.COM
Bea Cukai dan Polairud terus meningkatkan sinergi dalam upaya mengamankan wilayah perairan Indonesia. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai dan Kepolisian Air dan Udara (Polairud) terus memperkuat sinergi dalam upaya meningkatkan pengawasan di wilayah perairan Indonesia.

Pelaksana Tugas Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Hatta Wardhana mengungkapkan bentuk kerja sama dengan Polairud tersebut di antaranya patroli laut gabungan, dan kunjungan koordinasi kedua instansi membahas strategi pengawasan di wilayah perairan.

“Sinergi dengan Polairud merupakan salah satu upaya kami, Bea Cukai, dalam memperkuat pengawasan laut. Hal ini juga merupakan perjanjian kerja sama antara Bea Cukai dengan Baharkam Polri sejak 2020 silam,” kata Hatta.

Bea Cukai di daerah pun terus menggencarkan kerja sama. Hal ini seperti yang diperlihatkan Bea Cukai Bitung, Bea Cukai Ternate, dan Bea Cukai Tual, yang terus melakukan kerja sama dengan Polairud di masing-masing daerah.

Bea Cukai bersama Polair Polres Bitung telah melaksanakan patroli laut di sekitar perairan Selat Lembeh demi meningkatkan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

Menurut Hatta, bentuk peningkatan sinergi dengan Polairud juga dilakukan Bea Cukai Ternate dengan melaksanakan apel bulanan bersama Polairud Polda Maluku Utara.

Ini sekaligus sebagai apel pelepasan patroli laut gabungan antara Bea Cukai Ternate dan Polairud Polda Maluku Utara, di Markas Komando Direktorat Polairud Polda Maluku Utara.

Hatta juga menambahkan, Bea Cukai Tual telah melakukan kunjungan koordinasi ke Satuan Polairud Polres Tual membahas kesepakatan kedua instansi dalam kegiatan patroli laut bersama di perairan Kepulauan Kei.